Soroti Kenaikan Harga Sembako, Cak Imin Minta Pemerintah Gerak Cepat

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Dok.PKB

VIVA – Ketua umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyoroti kenaikan harga kebutuhan pokok yang belum terkendali jelang Idul Fitri 1443 Hijriah. Cak Imin minta pemerintah punya langkah tepat dalam persoalan ini.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Menurut dia, pemerintah terutama Kementerian Perdagangan mesti langsung turun tangan dan gerak cepat mengatasi persoalan tersebut. Hal ini penting agar masyarakat tidak terbebani dengan naiknya kebutuhan pokok.

“Saya sangat berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan ambil sikap dan langkah yang cepat dan tepat untuk menangani dan mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok kita," kata Cak Imin saat di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta seperti disampaikan dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat, 22 April 2022.

Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

Cak Imin menyampaikan agar Pemerintah segera punya kebijakan untuk menstabilkan harga kebutuhan pangan pokok. Dia juga mengingatkan pentingnya stok ketersediaannya. Pun, dia berharap agar lebaran Idul Fitri tahun ini harga kebutuhan pokok tak mengalami lonjakan.

“Saya berharap tidak ada kenaikan dan lonjakan harga yang berarti pada Idul Fitri tahun ini. Moga-moga pemerintah bisa mengatasi dengan baik," jelas Wakil Ketua DPR itu.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Dok. PKB

Kemudian, ia menyinggung dalam kebutuhan bahan pokok yang perlu perhatian khusus adalah minyak goreng. Menurutnya, harus ada catatan evaluasi dalam persoalan minyak goreng.

"Negara tidak boleh kalah dengan pihak manapun. Yang kedua bagaimana manajemen produksi denan para produsen barang harus terus menerus dijalin dengan baik," tuturnya. 

Sementara, Cak Imin juga menyoroti agar pemerintah juga bisa mengoptimalkan pemulihan ekonomi pascapandemi. Dia menyebut salah satu yang bisa dilakukan pemerintah dengan mempermudah akses permodalan bagi pelaku UMKM. Selain itu, bisa memperbanyak UMKM dengan pelatihan skill entrepreneurship.

“Ya, tentu permodalan harus diberikan semakin banyak permodalan yang mudah. Lalu, kita harus dorong tingkat daya beli masyarakat dengan berbagai program-program yang meningkatkan produktivitas. Dari situ daya beli akan meningkat,” tutur keponakan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu.

Dalam kesempatan di BKT, Cak Imin juga melakukan aksi sosial dengan membagikan makanan berbuka puasa pada Kamis sore, 21 April 2022. Menurut dia, aksi bagi takjil merupakan kegiatan rutin PKB setiap Ramadhan, termasuk DPW PKB DKI Jakarta.

“Ya, ini rutin setiap Ramadhan, memang dua tahun yang lalu agak reda tidak terlaksana dengan baik karena pandemi, alhamdulillah tahun ini kita mulai terus di beberapa titik di Jakarta," ujar Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya