Ridwan Kamil Dukung Airlangga Jadi Capres

Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dalam rangka silaturahmi di Jakarta pada Minggu, 15 Mei 2022. Selain berlebaran Hari Raya Idul Fitri, pertemuan tersebut juga banyak diskusi terkait perkembangan politik saat ini.

Bubarkan Timnas AMIN Usai Kalah di Pilpres, Cak Imin: Spirit Perubahan Tak Boleh Berhenti

Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/ Adi Suparman

Airlangga Dukung Emil Tuntaskan Masa Jabatan Sebagai Gubernur

Bertemu Airlangga, Menteri Inggris Puji Pelaksanaan Pemilu di RI yang Damai

Airlangga yang merupakan Menteri Koordinator Perekonomian ini mendukung Emil menuntaskan masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat hingga selesai dengan lancar, dan mendukung program Presiden Joko Widodo.

"Kami sebagai Partai Golkar mengapresiasi capaian Pak Gubernur, Kang Emil. Kita juga ingin menjaga project yang sudah dibuatkan Perpres oleh Pak Presiden bisa dikawal sampai 2024,” kata Airlangga melalui keterangannya yang diterima pada Senin, 16 Mei 2022.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Perdagangan Inggris, Perkuat Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan

Baca juga: Temui Zulkifli Hasan, Ridwan Kamil Jaga Peluang 2024

Bahas Pembangunan Ekonomi

Selain membahas soal perkembangan politik, Airlangga bersama Emil membahas pembangunan perekonomian di Jawa Barat. Sebab, Provinsi Jawa Barat masuk dalam proyek strategis nasional yang mendapat anggaran mencapai Rp300 triliun untuk berbagai proyek di seluruh wilayah.

Makanya, Airlangga selaku Menko Perekonomian berharap proyek ini bisa selesai sebelum 2024 dengan sejumlah kriteria antara lain infrastruktur, penanganan kemiskinan wilayah selatan Jawa Barat.

"Selanjutnya, pertumbuhan kawasan baru, pertumbuhan ekonomi baru terutama di kawasan Rebana,” kata dia.

Airlangga Punya Kapasitas dan Tanggung Jawab

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendukung mendukung cita-cita Airlangga Hartarto menjadi calon presiden dari Partai Golkar. Menurut dia, Airlangga memiliki kapasitas dan tanggung jawab saat ini sangat besar terhadap pemulihan ekonomi nasional, terutama menghadapi dampak COVID-19.

Namun, Emil mengaku tidak membahas soal calon pendamping Airlangga untuk Pemilu Presiden 2024 dalam pertemuan tersebut.

“Kalau nanti ada dimensi-dimensi politik yang mungkin tidak bisa dihitung dari sekarang, ya menjelang-menjelang pasti. Saya berbalas budilah terhadap dukungan Golkar di Jawa Barat,” katanya.

Selain itu, Emil menyampaikan terima kasih kepada Menko Perekonomian atas pemberian dukungan terhadap pembangunan di Tanah Pasundan hingga Rp300 triliun hanya dalam waktu dua tahun untuk melaksanakan proyek strategis nasional.

Airlangga sebelum bertemu Ridwan Kamil juga sudah melakukan pertemuan dengan beberapa ketua umum partai politik, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PPP Soeharso Manoarfa dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya