Bareng Ulama dan Habaib, Salim Segaf PKS Hadiri Haul Guru Tua di Palu

Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Al Jufri di Paiu, Sulawesi Tengah.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri menghadiri haul Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua ke-54 di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sayyid Idrus merupakan kakek dari Salim Segaf.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Kedatangan Salim di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Palu, disambut DPTW PKS Sulteng. Mereka kemudian langsung berziarah ke makam Guru Tua.

Haul Guru Tua dilaksanakan di Kompleks Pendidikan Al-Khairaat di Jalan Sis Aljufri, Kota Palu. Kegiatan digelar secara tatap muka langsung dengan protokol kesehatan atau prokes. 

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

Para kiai, ulama, dan habaib hadir menyemarakkan haul kali ini. Pun, ribuan warga dan santri khususnya santri Al-Khairaat yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Al Jufri

Photo :
  • Dok. PKS
Soroti Kenaikan UKT, F-PKS DPRD Sumut : Jangan Sampai PTN Menetapkan Melebihi Batas BKT
 

Salim menyampaikan sosok kakeknya merupakan ulama yang jadi teladan bagi umat Islam. Menurut dia, teladan jadi acuan saat dakwah dan pendidikan. Selain itu, Guru Tua juga punya kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Beliau mengabdikan hidupnya untuk kepentingan pendidikan dan dakwah Islam bagi generasi bangsa di seluruh pelosok Tanah Air," kata Salim, dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa, 17 Mei 2022.

Dia bilang salah satu peran Guru Tua dalam pendidikan agama yaitu mendirikan madrasah Al-Khairat yang kemudian menyebar ke berbagai daerah termasuk Papua.

"Beliau mendirikan Madrasah Alkhairaat yang menjadi oase dan cahaya bagi umat bukan hanya di Kota Palu tapi menyebar ke seluruh negeri," jelas Salim.

Untuk diketahui, madrasah Al-Khairaat didirikan kali pertama oleh Guru Tua pada 30 Juni 1930. Dalam perjuangan dakwahnya, Guru Tua berhasil membangun 420 madrasah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia bagian timur, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Selain itu, ada juga yang berada di Kalimantan. 

Adapun saat ini madrasah Al-Khairaat sudah mencapai lebih dari 1.700 madrasah dengan jenjang pendidikan mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini hingga SLTA terutama di kawasan Indonesia timur. Selain itu, Al-Khairaat juga memiliki perguruan tinggi yaitu Universitas Al-Khairaat di Kota Palu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya