Kritisi Penangkapan Massal Petani Sawit, DPR: Pemerintah Harus Adil

Petani kelapa sawit memanen tandan buah segar kelapa sawit di tengah banjir luapan Sungai Kampar, Riau. (Foto ilustrasi)
Petani kelapa sawit memanen tandan buah segar kelapa sawit di tengah banjir luapan Sungai Kampar, Riau. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hadly V

VIVA – Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan berang atas tindakan aparat keamanan yang melakukan penangkapan terhadap puluhan petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Tindakan ini dianggap memperuncing konflik lahan antara petani dan perusahaan yang telah berlangsung belasan tahun. 

Johan pun mendesak pemerintah untuk berlaku adil dan manusiawi terhadap petani. Dia meminta negara bisa hadir menyelesaikan konflik agraria terutama dalam sektor perkebunan sawit yang kerap terjadi di Sumatera dan pulau lainnya.

“Atas kejadian ini, saya mendesak pemerintah harus hadir menyelesaikan konflik agraria secara menyeluruh khususnya yang terjadi di sektor perkebunan. Sebab pemerintah harus sadar bahwa 60 persen konflik agraria terjadi di perkebunan komoditas kelapa sawit dengan luasan lahan yang cukup besar," kata Johan dalam keterangannya, Rabu, 18 Mei 2022.

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan

Photo :
  • DPR RI

Johan menyebut seringkali upaya penyelesaian sengketa lahan selalu gagal. Bahkan, seringkali petani juga mendapatkan kekerasan dan perlakuan yang tidak adil karena bargaining yang lemah dibanding perusahaan yang punya kuasa modal. 

Maka itu, pemerintah diharapkan bisa berlaku adil pada petani. Pun, aparat diminta bisa bersikap lebih manusiawi kepada petani karena mereka seringkali menjadi korban dalam situasi konflik lahan.

Kemudian, dia mengkritisi kasus lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang terjadi di Bengkulu. Johan mengatakan, hal ini terjadi akibat lahan yang telah dikelola petani sawit diambil alih perusahaan melalui keterangan akta pinjam pakai sehingga memunculkan konflik tanpa penyelesaian.

Halaman Selanjutnya
img_title