Tak Hadiri Pelantikan Menteri, Kemana Wapres Ma'ruf Amin?

Wapres Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin, tidak menghadiri pelantikan sejumlah Menteri yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu 15 Juni 2022. Hal ini pun menjadi sorotan dan menjadi pertanyaan banyak orang.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Juru Bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan bahwa kondisinya tidak memungkinkan untuk hadir karena pada saat yang bersamaan Ma'ruf tengah menjalani kunjungan kerja ke Bangka Belitung dan Jambi.

"Pertama kondisinya sangat mendesak, mendadak, namun sudah koordinasi antara Presiden lewat Mensesneg dan Seskab untuk acara ini dan sudah koordinasi dengan Wapres lewat Kasetwapres ya bahwa kita memang sedang melakukan kunjungan kerja yang memang sudah terjadwal, dan itu sudah ada koordinasi, tidak ada masalah," kata Masduki kepada wartawan yang dikutip Kamis 16 Juni 2022

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh Wapres tersebut menurutnya sudah terjadwal dari jauh-jauh hari. Mantan Rais 'Aam PBNU ini melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah guna menjalankan tugas fokus pada percepatan reformasi birokrasi.

Menurutnya, ketidakhadiran Wapres tidak perlu ditanggapi berlebihan. Karena selain reshuffle memang hal yang penting untuk segera dilakukan, namun negara juga harus tetap berjalan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Kita liat semuanya, menteri-menteri saja semuanya bekerja, ada yang di tempat yang lain, ini soal negara yang harus terus berjalan dan Pak Presiden melantik menteri yang memang di-reshuffle yang penting koordinasi sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

Masduki mengatakan terkait tugas wapres yang fokus pada reformasi birokrasi ini sudah dirancang sejak lama. Wapres juga selama ini aktif berkunjung ke komunitas-komunitas yang pantas dikunjungi, seperti pesantren, gereja dan sejumlah daerah lainnya.

Ketidakhadiran wapres dalam pelantikan tidak menjadi masalah. Semua itu karena sudah dikoordinasikan dengan baik.

"Sudah sangat dikoordinasi dan sama-sama dipahami dengan baik, nggak ada masalah, begitu juga menteri-menteri yang sedang sibuk bekerja di luar tetap aja sibuk bekerja di luar seperti biasa, dan tidak ada hal yang tidak terkoordinasi, semuanya berjalan seirama, terkoordinasi antara presiden dan wapres ya," katanya.

Baca juga: Gerindra Ungkap Pertemuan Jokowi-Prabowo Sehari sebelum Reshuffle

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya