Pendiri PSI Sunny Tanuwidjaja Dukung Anies, Pakar: Bisa Jadi Strategi

Mantan Staf Ahok, Sunny Tanuwidjaja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan ihwal mundurnya Sunny Tanuwidjaja dari posisi Sekretaris Dewan Pembina PSI. Sunny yang merupakan salah seorang pendiri PSI mundur karena mendukung Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Menanggapi itu, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menganalisa mudurnya Sunny dari PSI dan mendukung Anies akan beri keuntungan untuk Gubernur DKI Jakarta tersebut. Ia mengatakan demikian karena Sunny selama ini dikenal sebagai orang dekat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang pernah jadi lawan politik Anies.

“Efeknya tentu akan menguntungkan Anies ya. Ya, kita tau bahwa Sunny itu orang dekatnya Ahok. Dan, Ahok dianggap menjadi lawan politik Anies. Dan, hingga saat ini PSI kan juga tidak pernah mendukung bahkan cenderung menyerang Anies sendiri,” kata Ujang kepada VIVA, Kamis malam, 30 Juni 2022.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Ujang melanjutkan, dengan gambaran PSI yang selama ini rajin nyerang Anies serta Sunny keluar parpol itu bisa jadi efek domino positif untuk Anies. Apalagi disebut Sunny mendukung Anies.

Baca Juga: Pendiri PSI Gentleman Mundur Demi Dukung Anies di 2024

Prabowo Siap Buktikan Janji Kampanye Makan Siang Gratis, Termasuk di Aceh dan Sumbar

Meski demikian, ia juga menduga bisa jadi mundurnya Sunny dengan mendukung Anies bagian strategi politik PSI.

“Tapi saya tidak tahu ya. Ini bisa jadi strategi apa namanya juga PSI agar seolah-olah Sunny masuk Anies. Lalu, di Anies juga bisa membusuk-busuki,” jelasnya.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengunjungi mural penanda Sister City Jakarta-Berlin.

Photo :
  • Instagram @aniesbaswedan

Menurutnya, dengan cara itu, bisa saja Sunny mencari celah kekurangan Anies dan timnya menuju 2024. Dengan strategi itu akan merusak dan mengacak-acak barisan pedukung Anies. “Semua di politik itu jangan mudah percaya kepada siapapun. Apalagi pernah menjadi lawan politik seperti itu," jelasnya.

Pun, Ujang menganalisa mundurnya Sunny membawa kerugian untuk PSI. Sebelumnya, elite penting seperti Tsamara Amany juga mundur dari PSI. Lalu, ia mendengar sejumlah kader PSI di daerah juga mundur.

"Ya PSI banyak ditinggal kader dan orang-orang pentingnya gitu. Ya risiko ya, namanya partai politik baru," sebut Ujang.

Sebelumnya, Juru Bicara DPP PSI Sigit Widodo menjelaskan mundurnya Sunny Tanuwidjaja sudah sejak setahun lalu. Dia menyebut alasan mundurnya Sunny karena memang mendukung Anies.

"Bro Sunny sejak lebih dari satu tahun silam memang mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Dewan Pembina PSI. Alasannya memang karena mendukung Pak Anies," kata Sigit saat dikonfirmasi pada Kamis malam, 30 Juni 2022.

Baca Juga: Eks Anak Buah Ahok Sunny Mundur, Grace: PSI Tak Akan Dukung Anies

Sigit membenarkan Sunny merupakan salah seorang pendiri PSI. Menurutnya, sebelum mundur, Sunny secara  gentle juga sudah pamit langsung dengan Dewan Pembina PSI.

"Bro Sunny secara gentlemen dan terbuka menyampaikan kepada Dewan Pembina PSI kalau beliau akan mendukung Pak Anies," tutur Sigit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya