Eks Menteri Perindustrian: Tjahjo Kumolo Teman yang Baik dan Mengayomi

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Mantan menteri perindustrian Saleh Husin mengaku kaget saat mendapat kabar wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo pada Jumat, 1 Juli 2022. Menurut dia, Tjahjo merupakan sahabat yang baik.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

“Saya dikagetkan dengan kabar meninggalnya sahabat, teman baik Mas Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB),” kata Saleh melalui keterangan tertulisnya.

Memang, kata dia, Tjahjo mengalami sakit sudah beberapa hari lalu. Kemudian, Saleh menceritakan hubungan persahabatannya dengan mendiang Tjahjo Kumolo, politisi PDIP. Sebab, Saleh pernah bersama Tjahjo sebagai anggota DPR RI.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) UI, Saleh Husin.

Photo :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan (Depok)

Saleh mengaku sering berkomunikasi dan berdiskusi berbagai isu politik, baik yang ada di parlemen maupun pemerintahan. Sebab mereka menjadi pimpinan fraksi masing-masing partai, Saleh di Fraksi Partai Hanura sedangkan Tjahjo di Fraksi PDIP.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

“Pertemanan tersebut berlanjut ke eksekutif karena saya maupun mas Tjahjo sama-sama menjadi menteri pada awal pemerintahan Presiden Jokowi. Mas Tjahjo adalah seorang teman yang baik, mengayomi, dan perhatian terhadap teman,” ujarnya.

Beliau, kata dia, sering membantu mencari dan memberikan jalan keluar atau solusi terhadap suatu permasalahan atau isu yang berkembang. Meski Saleh sudah di luar kabinet, komunikasi dan persahabatan serta tali silaturahmi tetap berjalan dengan baik.

“Selamat jalan, sahabat yang baik. Semoga Allah SWT memberikan tempat mulia dan terbaik di sisi-Nya,” ujar Managing Director Sinarmas itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya