Cek Fakta: Video Sosok Makhluk Aneh di Hutan

Jepretan layar akun TikTok mengunggah sebuah video yang menunjukkan sosok makhluk mungil di hutan disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa makhluk tersebut ditemukan oleh seorang pendaki.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun TikTok dengan nama pengguna “jaka_kelana26” mengunggah sebuah video yang menunjukkan sosok makhluk mungil di hutan. Video tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa makhluk tersebut ditemukan oleh seorang pendaki.

Cuma Warga +62, Emak-emak Dasteran Naik Lamborghini ke Warung

Narasi:

“Yg lagi Viral seorang pendaki meliat mahluk aneh.”

Download Video TikTok Kualitas HD di Ssstiktok: Begini Caranya

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video penampakan makhluk aneh. Faktanya, video tersebut merupakan hasil CGI atau hasil rekayasa gambar menggunakan teknologi komputer.

Cek Fakta: Pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan Diulang karena Wasit Curang

Bentuk makhluk yang ada pada video serupa dengan penampilan makhluk “pixie” yang sering muncul dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube “Erwin Saunders”. Erwin Saunders diyakini sebagai nama samaran dari Paul Smith, seorang ahli CGI dari perusahaan bernama Busty Kelp.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “jaka_kelana26” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

KESIMPULAN

Bukan penampakan makhluk aneh. Faktanya, video tersebut merupakan hasil CGI atau hasil rekayasa gambar menggunakan teknologi komputer.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10074

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya