Survei ARCI Tempat Elektabilitas Risma Nomor 3 di Pilkada Jawa Timur

Mensos Risma.
Sumber :

VIVA Politik – Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) mencatat terdapat nama Heru Tjahjono sebagai salah seorang yang berpotensi muncul pada bursa Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

"Yang menarik adalah munculnya nama Heru Tjahjono dengan raihan suara 2,25 persen," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan hasil survei di Surabaya, Rabu, 20 Juli 2022.

Menurut dia, nama Heru disebut-sebut oleh mayoritas responden di wilayah "Mataraman", atau yang mencakup daerah di bagian barat Jawa Timur. Heru pernah menjabat Bupati Tulungagung dua periode dan itu sangat mempengaruhi, katanya.

PDIP Akui Nominasikan Risma di Pilkada DKI tapi Bukan Satu-satunya Kandidat

Selain pernah menjabat sebagai orang nomor satu di Pemkab Tulungagung, Heru Tjahjono pernah menduduki beberapa posisi di birokrasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, seperti Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Sekretaris Daerah.

Setelah sempat diperpanjang masa jabatannya sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah, Heru sudah pensiun sebagai seorang birokrat. Salah satu jabatannya saat ini adalah Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Jawa Timur.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Menyambut Jemaah Haji

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal

Sementara itu, ARCI juga mencatat elektabilitas Khofifah Indar Parawansa sebagai yang tertinggi sebagai calon gubernur dibandingkan nama-nama figur lainnya.

Beberapa nama berpotensi lainnya adalah Emil Elestianto Dardak yang kini menjabat sebagai Wagub dan Ketua Partai Demokrat Jawa Timur, Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma, lalu Ketua PDIP Jawa Timur Kusnadi dan Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad.

Mentri Sosial Tri Rismaharini datangi pemukiman suku anak dalam Jambi dan jadi guru.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Selain itu, ada juga nama Ketua Golkar Jawa Timur M Sarmuji, Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar, Ketua PPP Jatim Mundjidah Wahab, termasuk Wali Kota Pasuruan yang juga Sekjen NU Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Saat ini, elektabilitas Khofifah Indar Parawansa masih dominan (31,25 pesen), belum ada calon atau nama lain yang mendekati," kata Baihaki.

Dikonfirmasi terpisah, Heru Tjahjono merasa terhormat namanya disebut-sebut sebagai salah catu figur calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024. "Ini adalah suatu kehormatan," kata Pak Carik, sapaan akrabnya.

Survei ARCI dilakukan pada 25 Juni 2022 hingga 10 Juli 2022 di 38 Kabupaten/Kota Jawa Timur dengan jumlah responden proporsional. Survei ini menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang, margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil survei ARCI elektabilitas calon yang berpotensi mengikuti Pilkada Jawa Timur 2024:

1. Khofifah Indar Parawansa: 31,25 persen
2. Emil Elestianto Dardak: 10,91 persen
3. Tri Rismaharini: 7,09 persen
4. Saifullah Yusuf: 6,50 persen
5. Anwar Sadad: 5,25 persen
6. Abdul Halim Iskandar: 5,08 persen
7. Bambang DH: 4,41 persen
8. Azwar Anas: 3,75 persen
9. Sarmuji: 3,42 persen
10. Puti Soekarno: 2,91 persen
11. Kusnadi: 2,71 persen
12. Thoriqul Haq: 2,42 persen
13. Heru Tjahjono: 2,25 persen
14. Irwan Setiawan: 2,08 persen
15. Fadhil Muzaki: 1,8 persen
16. Masfuk: 0,91 persen
17. Mundjidah Wahab: 0,8 persen
18. Tidak menjawab: 6,42 persen

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya