PPP Kubu Mardiono: Kami Tetap Bersama KIB

Musyawarah Kerja Nasional PPP di Serang, Banten, Minggu, 4 September 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik - Partai Persatuan Pembangunan mengalami pergantian kepemimpinan dari Suharso Monoarfa menjadi Muhammad Mardiono. Meskipun ada dinamika, Wakil Sekretaris Majelis Pertimbangan DPP PPP, Usman M Tokan, menyatakan partainya tetap bersama Koalisi Indonesia Bersatu.

Ganjar: Manusia Mati Sekali tapi kalau Politisi Bisa Mati Berkali-kali

Koalisi Tetap Berjalan

“Sampai hari ini koalisi tetap berjalan karena Pak Mardiono kan yang menjadi penanggung jawab mewakili PPP acara deklarasi KIB,” kata Usman saat dihubungi wartawan, Rabu, 7 September 2022.

PDIP Mundur dari Pihak Terkait Gugatan Sengketa Pileg PPP di Sumbar

Usman yang berada di kubu Mardiono itu menyampaikan partainya saat ini masih fokus selesaikan masalah internal.

Soal Capres Akan Ditentukan Melalui Rapat Internal

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

Terkait siapa calon presiden yang akan diusung partainya, ia menyampaikan sampai hari ini belum dibahas. PPP akan menggelar rapat internal untuk membahas persoalan tersebut.

“Nanti akan dirapatin dengan pimpinan majelis karena fatsun politik PPP dalam urusan kebangsaan harus mendapatkan petunjuk dari pimpinan majelis setelah mereka melakukan istikharoh dan lain lain, baru kita memutuskan,” katanya.

Sikap Terhadap KIB Tidak Berubah

Sebelumnya, Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi menyatakan bahwa sikap PPP terhadap Koalisi Indonesia Bersatu tidak akan berubah meskipun ada pergantian ketua umum.

"Beberapa petinggi partai baik Golkar maupun PAN sudah komunikasi dengan partai kami. Jadi bahwa ini tidak ubah konstelasi perkoalisian," kata politisi yang akrab disapa Awiek itu di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 6 September 2022.

Awiek menegaskan KIB tetap solid. Pemberhentian ketua umum di internal partai tidak akan mengganggu konsolidasi yang telah dilakukan bersama KIB.

"Entah ketumnya tetep atau pergantian ketum ya PPP tetep bersama KIB," katanya.

Bahkan, lanjut dia, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono juga punya posisi strategis di KIB. Oleh karena itu, Awiek memastikan bahwa koalisi itu akan terus berlanjut.

"Sepanjang pengetahuan kami dengan KIB tidak ada masalah. Karena Pak Mardiono kan koordinator koalisi dari PPP," kata Awiek.

Sebelumnya, Musyawarah Kerja Nasional PPP yang berlangsung sejak Minggu hingga Senin, 4-5 September 2022, memutuskan Muhammad Mardiono menjadi ketua umum partai berlambang Kabah menggantikan Suharso Monoarfa. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu kini berstatus sebagai pelaksana tugas di partai warna hijau tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya