KPK Duga Lukas Enembe Gunakan Jet Pribadi dengan Layanan Kelas Utama

Juru Bicara KPK Ali Fikri.
Juru Bicara KPK Ali Fikri.
Sumber :
  • Humas KPK

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe sering bepergian dengan menggunakan pesawat jet pribadi dengan layanan bertaraf kelas utama (first class).

Komisi menyatakan itu berdasarkan hasil pemeriksaan saksi Tamara Anggraeny, pramugari PT RDG Airlines. “Tamara Anggraeny hadir dan didalami pengetahuannya, antara lain terkait dugaan adanya penggunaan private jet dengan layanan first class oleh tersangka LE,” kata juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa, 4 Oktober 2022.

Pemeriksaan terhadap Tamara juga terkait dugaan adanya pemberian sejumlah uang oleh Lukas Enembe kepada beberapa pihak lain.

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menunjukkan obat yang dipakainya.

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menunjukkan obat yang dipakainya.

Photo :
  • Tangkapan Layar video.

KPK menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi Rp 1 miliar terkait APBD Pemerintah Provinsi Papua. Namun, hingga kini Lukas Enembe selalu mangkir dalam pemeriksaan yang sudah dijadwalkan oleh KPK.

Lukas Enembe, kata dokter pribadinya, Anton Mote, tak dapat menghadiri agenda pemeriksaan KPK karena sakit. “Ya, salah satunya adalah stroke, tidak bisa bicara, sudah dari [tahun] 2015," kata Anton kepada wartawan di Gedung KPK.

Kantor KPK di Kuningan, Jakarta (Foto ilustrasi).

Kantor KPK di Kuningan, Jakarta (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/ Edwin Firdaus.