Ganjar Pranowo Terima Disanksi PDIP: Capres Urusan Ibu Ketum

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disanksi PDIP gara-gara ucapan siap nyapres
Sumber :
  • Antara

VIVA Politik – DPP PDI Perjuangan menjatuhkan sanksi teguran lisan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas pernyataannya siap menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Ganjar diberikan sanksi agar lebih berdisiplin sebagai kader senior PDIP

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

Menurut Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun, sebagai kader senior seharusnya Ganjar mengetahui disiplin partai dan mestinya lebih menegakkan aturan disiplin partai.

"Kenapa begitu? Karena beliau ini bukan kader baru masuk, ini kader senior. Termasuk senior dalam partai. Beliau ini pertama kali masuk di Papua lakukan kaderisasi di sana. Oleh karena itu beliau harus lebih berdisiplin," kata Komarudin usia meminta klarifikasi Ganjar di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 24 Oktober 2022.

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Menanggapi sanksi tersebut, Ganjar mengaku telah memberikan penjelasan kepada DPP PDIP. Dia secara keseluruhan, menerima keputusan Partai. 

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

"Ada statement (pernyataan) yang saya sampaikan, kemudian menjadi diskursus di publik, ya, lumayan ramai begitu, saya mendapatkan peringatan. Sebagai kader, saya terima. Ini bagian dari disiplin," kata Ganjar di Kantor DPP PDIP.

Lebih jauh, dengan sanksi tersebut, Ganjar menyadari perlu memperbaiki komunikasi publik ke depannya agar tidak menimbulkan pernyataan yang menghebohkan masyarakat sekaligus multitafsir.

Ganjar juga menegaskan akan menaati aturan partai, terutama persoalan capres dan cawapres yang akan ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat, setelah melalui pertimbangan mendalam.

"Tadi sudah memberikan banyak penjelasan, clearance pada statement saya, dan tentu sebagai kader saya taat, dan tadi diberikan sanksi lisan tentu ini bagian dari komunikasi publik yang rasanya harus memperbaiki. Dan tentu saja yang kedua, Pak Sekjen juga bicara PDIP Perjuangan, juga baju saya, semua keputusan terkait dengan pilpres keputusan Ketua Umum, jadi semua pasti akan mengikut," ungkapnya.

Ganjar Pranowo menghadiri panggilan klarifikasi DPP PDIP.

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, Ganjar memberikan sinyal siap untuk menjadi capres pada Pemilu 2024. Demi kepentingan bangsa dan negara, ia menyatakan siap menjadi capres. Hal itu disampaikan Ganjar dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta.

Atas pernyataan itu, Ganjar dipanggil oleh PDI Perjuangan untuk melakukan klarifikasi di Kantor DPP PDIP. Setelah melakukan klarifikasi, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun menyampaikan PDIP menjatuhkan sanksi berupa teguran lisan kepada Ganjar Pranowo terkait dengan pernyataannya tersebut.

"Supaya keadilan di partai itu ditegakkan pada seluruh anggota partai dari Sabang sampai Merauke, maka tadi kami sampaikan jatuhkan sanksi teguran lisan pada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader," tutur Komarudin.

Lebih lanjut, Komarudin mengatakan, meskipun tindakan Ganjar itu tidak melanggar aturan dasar (AD/ART) partai, pernyataan mengenai siap menjadi capres tersebut menimbulkan multitafsir di tengah masyarakat.

Di samping itu, tambah dia, sanksi teguran lisan juga diberikan pada Ganjar karena ia merupakan kader senior yang sudah sepatutnya lebih menegakkan disiplin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya