Perintah Khusus Jokowi ke Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Presiden Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI.
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Senin, 19 Desember 2022. Jokowi punya arahan khusus kepada Laksamana Yudo yang resmi mengggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Bantah Qodari, Sekjen AMPG Ngaku Jadi Saksi Perjuangan Airlangga Menangkan Prabowo-Gibran

"Baru saja telah kita lantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Saya sudah pesan ke Panglima TNI," kata Jokowi di Istana Negara.

Pertama, kata Jokowi, Laksamana Yudo sebagai Panglima TNI harus menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Jokowi soal Bobby Nasution Gabung Gerindra: Sudah Dewasa, Tanggung Jawab Ada di Dia

Terpenting, kata dia, Yudo harus menjaga, mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada institusi TNI.

"Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI. Dan, terus-menerus ditingkatkan," ujarnya.

Sindir Keras Omongan Qodari, AMPI: Datanya Sangat Jauh dengan Hasil Riil

Pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Laksamana Yudo Margono resmi menjabat Panglima TNI ke-22 menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Sebelum dilantik Jokowi, Yudo sudah mendapat persetujuan dari DPR termasuk uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR.

Saat fit and proper test, Yudo menceritakan dirinya dapat dukungan dari beberapa pimpinan TNI seperti Kepala Staf TNI AD (KSAD), Dudung Abdurachman; Kepala Staf TNI AU (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo; serta beberapa pejabat Mabes TNI. Selain itu, ada pula Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang ikut menemaninya ke Komisi I DPR.

Dalam paparan visi misinya, Yudo siap membawa TNI bersinergi dengan Polri. Pun, eks Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu juga menyampaikan potensi ancaman untuk negara, ketahanan pangan dan energi hingga ketegangan kekuatan asing di Laut China Selatan. 

Yudo juga menyinggung jika diberikan amanat jadi Panglima TNI, ia janji akan membina, membentuk prajurit TNI sebagai tentara rakyat.

Adapun saat pelantikan Yudo sebagai Panglima TNI, hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri. Lalu, ada juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Dari pimpinan TNI hadir Jenderal Andika Perkasa memakai baju dinas warna hijau. Kemudian, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Selain itu, ada Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) M. Syarifuddin dan Ketua DPR RI Puan Maharani juga hadir dalam pelantikan Panglima TNI Laksamana Yudo.

Pengangkatan Laksamana TNI Yudo sebagai Panglima TNI ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI/2022, yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 19 Desember 2022. Setelah pembacaan sumpah, Yudo langsung tandatangan surat disaksikan Menteri Prabowo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya