Anwar Ibrahim: Walaupun Saya Lebih Tua dari Pak Jokowi, Pengalaman Beliau Sangat Saya Hargai

Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Anwar Ibrahim berbicara kepada wartawan dalam konferesi pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Januari 2023.
Sumber :
  • VIVA/Ilham Rahmat

VIVA Politik – Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Anwar Ibrahim mengungkapkan rasa sentimentil personalnya terhadap Indonesia dalam kunjungan perdananya sebagai perdana menteri ke Indonesia.

Menteri ESDM: Investor Hulu Migas Bisa Nego Langsung ke Pemerintah soal Insentif Pajak

Selain menganggap Indonesia sebagai tempat untuk menimba ilmu, Anwar juga menyinggung usia Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedikit lebih muda darinya. Namun, dia mengakui bahwa keahlian dan pengalaman diplomatis Jokowi sangat bagus.

"Walaupun saya sedikit lebih tua dari Pak Jokowi, pengalaman beliau itu sangat saya hargai dalam perbincangan. Saya dapat dua ide yang dapat dilaksanakan," ujar Anwar dalam konferesi pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Januari 2023.

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor.

Photo :
  • Biro Humas Setpres

Hubungan kerja sama antara Malaysia dengan Indonesia, menurutnya, bukan sekadar hubungan diplomatik biasa, melainkan istimewa. "Indonesia ini adalah tempat yang khusus di hati sanubari saya. Saya belajar menimba banyak ilmu," katanya.

Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

Kedatangan rombongan PM Malaysia itu disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bersama Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Seri Diraja Zambry Abdul Kadir di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Minggu malam, 8 Januari.

Salah satu pertemuan bilateral yang berlangsung di Istana Bogor itu adalah penyerahan surat ketertarikan dari beberapa perusahaan Malaysia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Surat tersebut diserahkan oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Istana Bogor. Penyerahan disaksikan langsung oleh Jokowi dan Anwar Ibrahim.

Jokowi menyambut baik perusahaan-perusahaan Malaysia yang akan berpartisipasi dalam pembangunan IKN Nusantara. "Sebelas letter of intent telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, kontruksi, dan properti," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya