Jokowi Terima 11 Letters of Intent Perusahaan Malaysia untuk Bangun IKN Nusantara

Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Anwar Ibrahim (kiri) berbicara kepada wartawan dalam konferesi pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Januari 2023.
Sumber :
  • VIVA/Ilham Rahmat

VIVA Politik – Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim melakukan kunjungan pertamanya sebagai perdana menteri ke Indonesia pada Senin, 9 Januari 2023, dan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

OJK Cabut Izin Usaha Paytren, Ini Sederet Masalahnya!

Salah satu agenda dari pertemuan antara kedua pemimpin negara itu adalah penyerahan letters of intent atau surat ketertarikan dari beberapa perusahaan Malaysia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Letters of intent diserahkan oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Istana Bogor, Jawa Barat. Penyerahan disaksikan langsung oleh Jokowi dan Anwar Ibrahim.

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Anwar Ibrahim berbicara kepada wartawan dalam konferesi pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Januari 2023.

Photo :
  • VIVA/Ilham Rahmat

Pada kesempatan itu, Jokowi menyambut baik perusahaan Malaysia yang akan berpartisipasi dalam pembangunan IKN Nusantara. "Sebelas letter of intent telah di tandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, kontruksi dan properti," katanya.

Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

Kedua pemimpin negara itu telah menandatangani nota kesepakatan di beberapa bidang, di antaranya bidang perkapalan, pembiayaan ekspor impor, energi hijau, pengembangan industri baterai, dan lain-lain.

Anwar Ibrahim, yang dilantik sebagai perdana menteri pada November 2022, melakukan kunjungan bilateral pertama ke Indonesia pada 8 hingga 9 Januari 2023, atas undangan Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Sri Ismail Sabri Yaakob

Photo :
  • VIVA/ Eduward Ambarita

Pada 30 Desember 2022, Presiden Jokowi menerima Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Seri Diraja Zambry Abdul Kadir beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya