Sebut Megawati Tak Tergesa-gesa Putuskan Capres 2024, Jokowi Sindir Siapa?

Presiden Jokowi dan Megawati Sukarnoputri di acara HUT PDIP ke-50.
Sumber :
  • YouTube PDIP

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di HUT ke-50 PDIP kemarin, menyebut bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak tergesa-gesa atau grasa grusu dalam memutuskan siapa yang akan diusung sebagai Capres 2024.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Sebenarnya, sejumlah pihak memprediksi bahwa di HUT ke-50 kemarin, Presiden RI ke-5 itu akan mengumumkan siapa yang diputus menjadi capres. Tapi Megawati menegaskan tidak mengumumkan saat ini dan meminta seluruh kadernya tetap bekerja.

Jokowi sendiri mengaku, tidak tergesa-gesa tersebut tidak berarti menyindir pihak-pihak tertentu termasuk Nasdem. Untuk informasi, Nasdem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres, tetapi harus berkoalisi untuk memenuhi ambang batas suara. Sementara PDIP bisa mengusung sendiri capres-cawapres tanpa harus berkoalisi.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Jokowi mengaku cuma menyampaikan penilaiannya terhadap Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dalam mengambil keputusan itu sangat hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Sebab, Jokowi menyebut Megawati tidak seperti yang lain dalam mengambil keputusan soal Capres 2024.

“Saya kan menyampaikan Bu Mega itu kalau memutuskan sangat hati-hati, tidak grasa grusu, penuh kalkulasi, penuh perhitungan, tidak grasa grusu,” kata Jokowi di Kemayoran, dikutip Rabu 11 Januari 2023.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Maka dari itu, Jokowi menegaskan tidak bermaksud mengarah ke siapa-siapa pidatonya yang menyebut Megawati berbeda dengan yang lainnya. 

“(Itu bukan mengarah ke siapa-siapa) Saya itu kan menyampaikan itu menanggapi apa yang disampaikan Ibu Megawati. (Yang sudah deklarasikan kan Nasdem) Saya menanghapi apa yang disampaikan Ibu Megawati,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati tidak tergesa-gesa seperti yang lain dalam memutuskan bakal calon Presiden 2024 dari partai berlambang banteng. Menurut dia, Megawati hati-hati dalam memilih dan menentukan pemimpin Indonesia.

“Bu Mega dalam memutuskan betul-betul sangat hati-hari, betul-betul tenang dan tidak grasa-grusu seperti yang lain-lainnya,” kata Jokowi saat peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan di Kemayoran pada Selasa, 10 Januari 2023.

Jokowi melihat Presiden RI ke-5 ini tetap tenang meskipun didesak-desak dari pihak manapun, bahkan tidak goyang untuk mengumumkan bakal calon Presiden RI pada Pemilu Presiden 2024.

“Didesak-desak dari manapun tidak goyah, meski namanya sudah di kantongnya Bu Mega,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengimbau seluruh kader PDI Perjuangan sabar saja menunggu keputusan yang akan diambil Megawati terkait calon Presiden Republik Indonesia pada 2024. Sebab, Megawati memang punya perhitungan yang kuat.

“Kita semuanya sabar menunggu yang akan nanti beliau sampaikan, tentunya pada saatnya dengan perhitungan-perhitungan dan kalkulasi-kalkulasi yang telah dibuat Ibu Ketua Umum, Ibu Hajjah Megawati,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya