PKB Bakal Gelar Ijtima Ulama Nusantara, Wapres Maruf hingga Khofifah Dijadwalkan Hadir

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kanan) dan KH Nurul Huda Djazuli.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Ijtima dengan tema 'Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia' rencananya akan dihadiri ulama dan kiai-kiai dari Pesantren NU serta tokoh nasional. Mereka di antaranya pernah berkiprah di PKB seperti Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta mantan Ketum DPP PKB Alwi Shihab.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

"Ijtima Ulama ini seperti reuni para tokoh PKB sebagai partai yang dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama. PKB sepanjang perjalanannya telah melahirkan banyak tokoh yang punya kontribusi besar," kata Sekretaris Dewan Syura DPP PKB, Saifullah Maksum, dalam keterangannya, yang dikutip pada Rabu, 11 Januari 2023.

Kiai Maksum, sapaan akrabnya menjelaskan Ijtima Ulama Nusantara disiapkan untuk memastikan kinerja dan program PKB. Menurut dia, dalam implementasinya, PKB mesti  selalu dalam pengawalan dan arahan dari ulama.

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Selain itu, dia menekankan pemantapan, keterpautan perkhidmatan ulama dengan kehidupan kebangsaan dan masalah keumatan.

"Selain itu, Ijtima Ulama Nusantara diharapkan menyamakan visi tentang perjuangan politik PKB sebagai wasilah mewujudkan cita-cita luhur mu‘assis Nahdlatul Ulama," jelas Maksum. 

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Pun, dia menambahkan dengan Ijtima Ulama itu juga untuk memeguhkan soliditas dan kebersamaan para ulama dengan misi perjuangan serta agenda politik PKB. "Baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang," tutur Maksum.

Terkait pembahasan Kepemimpinan 2024, nanti dalam Ijtima akan diisi dialog kenegaraan dan kerakyatan dengan Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Menurut Cak Imin, dirinya senang dengan penyelenggaraan Ijtima Ulama Nusantara ini. Bagi dia, musyawarah ulama dari seluruh wilayah Indonesia sebagai bentuk perhatian ulama bagi PKB. 

Dia bilang Ijtima Ulama juga sebagai kesempatan untuk mengobati rindu dengan bermuwajahah bersama ulama Nusantara. Hal itu belum sempat ia sambangi pasca pelaksanaan Muktamar Bali pada Agustus 2019.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kiri) saat bersama KH Nurul Huda Djazuli di Kediri, Jatim.

Photo :
  • Istimewa

Cak Imin juga menilai pokok-pokok pikiran, saran, dan masukan para ulama ini diperlukan untuk kemajuan bangsa. 

"400 hari menuju Pileg dan Pilpres 2024, PKB sangat membutuhkan nasihat dan bimbingan para ulama untuk kemenangan dan kejayaan PKB," kata Cak Imin.

Rencananya, Ijtima Ulama Nusantara nanti akan dihadiri KH Said Aqil Siradj, dan Dahlan Iskan. Lalu, ada juga Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah hingga pengamat politik Burhanudin Muhtadi.

Untuk diketahui, Ijtima Ulama Nusantara juga diproyeksikan sebagai forum silaturahmi dan konsolidasi gagasan konstruktif para ulama dan kiai. Selain itu, pandangan pimpinan pondok pesantren di Tanah Air jelang menghadapi Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya