Wakil Ketua DPR: Papua Sekarang Status Darurat Sipil

Wakil Ketua DPR RI sekaligus Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus.
Sumber :

VIVA Politik – Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus mengatakan saat ini situasi Papua sedang dalam status darurat sipil. Hal itu disampaikan Lodewijk menanggapi kabar penyanderaan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap pilot dan penumpang pesawat Susi Air, di Nduga, Papua.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Karena itu, Sekjen Golkar itu meminta kepala daerah atau gubernur harus bertanggungjawab menuntaskan kasus ini. Dia juga nendorong agar penegak hukum mengusut kasus tuntas kasus penyanderaan tersebut. 

“Kita harapkan gini ya, harus dipahami bahwa Papua ini sekarang status darurat sipil. Maka yang di depan adalah penguasa darurat sipil, Gubernur, yang di depannya otomatis penegak hukum,” kata Lodewijk ditanyai awak media di Istora Senayan, Jakarta, Jumat, 10 Februari 2023.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

TNI-Polri mengevakuasi 15 pekerja yang disandera KKB Nduga Egianus Kogoya

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Lodewijk lebih jauh menjelaskan bahwa 15 orang yang disebut-sebut disandera sudah dievakuasi. Saat ini, ditekankan dia, tinggal keberadaan pilot lah yang harus ditemukan.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

“Tentunya operasi intelijen dilakukan dan DPR dalam hal ini kami mendorong penegakan hukum dilakukan di sana, termasuk upaya prioritas mencari pilotnya,” ujarnya.

Dalam pernyataan tertulisnya, juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan pembakaran pesawat Susi Air dilakukan oleh tim Egianus Kogoya yang merupakan Panglima TPNPB KODAP III Derakma Ndugama. 

Kogoya melaporkan pembakaran ini kepada Pengendali Manajemen Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM di bawah pimpinan Terryanus Satto pada Selasa, 7 Februari 2023.

KKB membakar barak pemuda dan olahraga di Intan Jaya, Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

“Dalam laporan Kogoya, pembakaran pesawat ini telah dilakukan dengan alasan yang masuk akal,“ kata Sambom.

Sambom mengatakan pasukan Kogoya membakar satu pesawat Susi Air nomor registrasi PK-BVY di lapangan terbang distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Pesawat tersebut terbang dari Mimima terbang ke distrik Paro pada pukul 06.26 WIT. 

“Pasukan TPNPB berhasil membakarnya,” kata Sambom.

TPNPB-OPM mengatakan pasukan Kogoya juga menyandera pilot pesawat Susi Air. Sambom mengungkapkan penyanderaan ini adalah kedua kalinya yang dilakukan TPNPB-OPM sejak Tim Lorenz pada 1996 di Mapenduma.

“Pilotnya kami sudah sandera dan kami sedang bawa ke luar. Untuk itu anggota TNI-Polri tidak boleh tembak atau interogasi masyarakat sipil Nduga sembarang karena yang melakukan adalah kami TPNPB OPM Kodap III Ndugama-Derakma di bawah Pimpinan Pangima Brigadir Jenderal Egianus Kogoya,” kata Kogoya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya