Gibran Masuk Bursa Cagub DKI, FX Rudy: Berarti Kita Nggak Salah Mengkader

Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di kantor DPP PDIP
Sumber :
  • VIVA/ Edwin Firdaus

VIVA Politik - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Rara masuk salah satu nama bakal calon Gubernur DKI untuk Pilkada 2024. Selain Gibran, terdapat sejumlah nama lain kader PDIP seperti Tri Rismaharini hingga Abdullah Azwar Anas yang digadang-gadang jadi calon DKI 1.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Menanggapi itu, Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo FX Hadi Rudyatmo menyambut baik masuknya Gibran dalam bursa bakal cagub DKI.  Dia mengaku bangga dengan masuk nama Gibran.

“Ya senang lah karena salah satu kader PDIP Solo, Mas Gibran masuk dalam empat nama yang diusulkan DPD PDIP Jakarta untuk pemilihan gubernur DKI,” kata Ketua DPC PDIP Solo yang akrab disapa Rudy, Selasa, 14 Februari 2023.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Gibran Rakabuming Raka bersama pengurus DPC PDIP Solo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, masuknya nama putra sulung Presiden Jokowi itu memperlihatkan pengkaderan yang dilakukan PDIP Solo tidak salah. Selain itu, masuknya Gibran dalam radar pencalonan gubernur juga merupakan sebuah performa dari pengkaderan.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“Berarti kita mengkader nggak salah sehingga kalau Mas Gibran ditangkap di radar di DKI atau di Jawa Tengah itu merupakan suatu prestasi,” ujarnya.

Meski PDIP DKI Jakarta mendorong Gibran dan sejumlah kader PDIP lainnya untuk Pilgub DKI, tetapi Rudy mengaku belum ada komunikasi. Dia menyampaikan semua keputusan termasuk figur Cagub DKI merupakan kewenangan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Yo ndak lah kan kelasnya sana DPD kan? Kalau DPD ya komunikasinya dengan DPP. Namun semua itu yang memutuskan adalah Ketua Umum Bu Prof Dr Hj Megawati Soekarnoputri,” kata dia.

Dia juga tak mempersoalkan jika Gibran mengikuti jejak sang ayahnya yang kemudian maju ke DKI 1. Dia menekankan kader PDIP punya kelayakan menjadi kepala daerah.

Sebelumnya, Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warson menyampaikan pihaknya telah mendiskusikan nama kader internal yang didorong maju dalam Pilgub DKI 2024. Dia menyebut ada empat nama kader yang sudah dipersiapkan meliputi Gibran Rakabuming Raka, Tri Rismaharini, Hendrar Prihadi dan Azwar Anas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya