KKB Masih Sandera Pilot Susi Air, DPR Ingatkan Polri: NKRI Harga Mati!

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) TB Hasanuddin mengaku dapat informasi Kepolisian tenggah berupaya negosiasi dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Negosiasi itu untuk membebaskan pilot pesawat Susi Air, Captain Philip Mehrtens yang disandera KKB.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

"Tim dari Polda saya dapat informasi, akan mencoba melakukan negosiasi," kata TB Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Dia mengingatkan Polri agar tidak membahas kedaulatan bangsa dalam negosiasi tersebut. Sebab, ia menegaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Menurut dia, dari manuver KKB melalui juru bicaranya sudah memperlihatkan keinginan mereka yaitu berpisah dari NKRI.

"Sementara menurut pengumuman yang mengatasnamakan juru bicara negara Papua merdeka itu mengatakan kami akan menegosiasikannya dengan kemerdekaan. Dan sikap kami NKRI harga mati,” jelas TB Hasanuddin.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dia bilang, wilayah NKRI tak bisa dinegosiasikan untuk kepentingan segelintir orang.

“Karena kelompok kelompok OPM itu ya memang sudah bisa dihitung dan memiliki kepentingan kepentingan separatis. Itu yang kami tangkap sampai sekarang ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan Komisi I akan mengadakan rapat dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit setelah ada upaya pembebasan Captain Philip.

Rapat itu merupakan pertemuan lanjutan setalah Komisi l dan TNI bertemu beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu disepakati untuk melakukan tindakan terarah dan terukur di wilayah Papua.

Hasanuddin menilai, sejauh ini kerja sama antara TNI dan Polri sudah cukup baik dalam mengatasi situasi di Papua.

“Saya kira berjalan bagus (kerja sama TNI-Polri), baik faktor intelijen maupun faktor gerakan patroli dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Menko Polhukam Mahfud MD juga sempat menanggapi masih disanderanya pilot Susi Air Pihilip Mertens oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Menurut Mahfud, Papua berdasarkan konstitusi, hukum internasional dan kenyataan faktual adalah bagian NKRI. Dia menegaskan tak boleh ada negosiasi

"Oleh sebab itu tidak ada negosiasi soal itu dan kami akan mempertahankan serta memberantas setiap gerakan yang ingin mengambil secuilpun dari NKRI," kata Mahfud di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Mahfud meenjelaskan, saat ini pemerintah dan aparat keamanan tengah melakukan upaya persuasif untuk menyelamatkan sandera, Pilot Susi Air. Menurut Mahfud, keselamatan sandera menjadi prioritas.

"Kami sedang melakukan persuasi, untuk bisa menyelematkan sandera. Keselamatan sandera adalah prioritas. Oleh sebab itu persuasi pendekatannya," kata Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya