Dukungan Jokowi Mania Menambah Energi Prabowo Subianto Nyapres

Prabowo Subianto, HUT Partai Gerindra ke-15
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Dukungan elemen relawan Jokowi Mania atau Joman, membuat energi Prabowo Subianto berlipat-lipat sebagai Capres 2024 dari Partai Gerindra.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Joman yang dipimpin Immanuel Ebenezer ini, sebelumnya adalah relawan pendukung Ganjar Pranowo. Mereka membentuk Ganjar Pranowo Mania atau GP Mania. Namun akhirnya menarik dukungan dan membubarkan diri, hingga resmi mendukung Prabowo Subianto.

Analis politik, Arif Nurul Imam, mengatakan masuknya salah satu unsur relawan Jokowi yakni Joman ini, menaikkan kepercayaan diri Prabowo Subianto.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

"Menjadi penambah energi bagi Prabowo," kata Arif kepada VIVA, Sabtu 18 Februari 2023.

Arif Nurul Imam, Pengamat Politik &Direktur IndoStrategi Research and Consulting

Arif Nurul Imam, Pengamat Politik &Direktur IndoStrategi Research and Consulting

Photo :
  • Istimewa
Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Direktur IndoStrategi Research and Consulting, ini mengatakan dukungan Joman tersebut memperbesar dukungan untuk Prabowo. "Makin besar dukungan Prabowo maka bargaining makin besar," katanya.

Meski soal basis massa belum terlalu besar, namun menurut Arif, secara politik sangat strategis bagi Prabowo dan Partai Gerindra itu sendiri.

"Kehadiran Joman bisa menjadi perangkai simpul-simpul massa untuk dimobilisasi mendukung Prabowo. Terlepas besar atau kecilnya, dukungan Joman akan memberi arti bagi Prabowo," jelasnya.

Dukung Prabowo Subianto

Relawan Jokowi Mania mengunjungi kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Ketua DPP Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer, mendatangi rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Kamis, 16 Februari 2023. Pertemuan tersebut berlangsung tertutup selama 2 jam.

Noel, sapaan akrab Immanuel Ebenezer, mengatakan ada beberapa alasan pihaknya memilih Prabowo dan berpaling dari Ganjar Pranowo. Dia bilang eks Danjen Kopassus itu bernyali.

Menurut dia, saat ini, Indonesia butuh pemimpin atau Presiden yang punya keberanian dalam bersikap dan mengambil risiko. Dia juga menilai Menteri Pertahanan itu sebagai figur yang punya loyalitas. 

"Kami melihat Pak Prabowo Subianto adalah seorang yang loyal dan totalitas sehingga apa yang dilakukannya, menuai hasil yang maksimal," kata Noel di kantor DPP Joman, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya