Prabowo Belum Gandeng Cawapres, PKB: Masih Harus Hitung Lawan Tanding

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Twitter @cakimiNOW

VIVA Politik - Koalisi Gerindra dan PKB yang sudah dibangun enam bulan lebih belum mendeklarasikan duet capres-cawapres untuk 2024. Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang digadang-gadang jadi bakal capres belum juga gandeng cawapres pendampingnya.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Menanggapi itu, Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim mengatakan porosnya bersama Gerindra masih dirajut menuju 2024. Dia menyampaikan membangun koalisi politik itu tidak mudah.

"Apalagi kalau menyangkut nama calon RI-1 dan RI-2. Tentu PKB dan Gerindra tidak gegabah. Sama sama harus menghitung kalkulasi lawan tandingnya nanti siapa," kata Lukman kepada VIVA, Rabu, 22 Februari 2023.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Dia bilang PKB bersama Gerindra masih berkomitmen menjaga janji suci untuk merah putih. Pun, menyangkut dinamika soal siapa yang capres dan cawapres merupakan hal yang lumrah terjadi. 

Gibran Singgung Hasto yang Halangi Pertemuan Megawati-Jokowi

Lukman tak menampik pihaknya ingin ketua umumnya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin jadi capres. Begitu juga menurutnya Gerindra yang menyodorkan Prabowo sebagai capres.

Dia mengatakan untuk urusan capres dan cawapres ini diharapkan bisa selesai sebelum bulan Ramadhan. Hal itu termasuk peluang Cak Imin jadi cawapresnya Prabowo. "Kita tunggu episode selanjutnya nanti di bulan Ramadhan," ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPP PKB lainnya, Daniel Johan. Dia mengatakan pihaknya bersama Gerindra hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan capres dan cawapres. 

Prabowo Subianto, HUT Partai Gerindra ke-15

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Daniel menekankan bersama Gerindra, PKB sudah membangun Sekretariat Bersama atau Sekber.

"Menunggu momentum yang tepat saja kok, sambil menunggu sekber yang sedang bekerja mempersiapkan strategi dan segala sesuatunya," tutur Daniel.

Gerindra dan PKB mengumumkan berkoalisi sejak 13 Agustus 2022. Saat itu, Prabowo dan Cak Imin yang ditemani dua elite parpol hadir dalam deklarasi di Sentul, Bogor Jawa Barat.

Prabowo dan Cak Imin juga sempat menyampaikan pidato politiknya di depan para kader Gerindra serta PKB. Baik Prabowo dan Cak Imin yang hadir sempat melakukan penandatanganan piagam bersama.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya