Puan ke Ujang Korban Gempa Cianjur: Nanti Kalau Diusir, Bilang Sama Saya!

Ketua DPR RI Puan Maharani (kiri).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong agar seluruh korban gempa di Cianjur segera mendapatkan bantuan hunian sebelum hari raya Idulfitri 2023.

Jumlah Rumah Rusak Imbas Gempa Garut Terus Bertambah, 4 Warga Terluka

Puan menyampaikan demikian saat menghadiri acara penyerahan secara simbolis rumah hunian bagi korban. Tercatat, terdapat 500 penerima bantuan hunian dalam program ini. 200 di antaranya merupakan penerima kunci rumah siap huni. 

Puan juga memberikan 500 bantuan makanan dan paket sembako kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Secara simbolis, putri Megawati Soekarnoputri itu menyerahkan kunci rumah bantuan hunian tetap kepada warga bernama Ujang Mahmudin yang mendapat hunian di Blok A No 12.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

 Politikus PDIP itu pun sempat masuk ke bagian dalam rumah untuk mengecek tempat tidur, dapur, hingga kran air. Puan juga sempat berdialog dengan Ujang jika ada keluhan.

“Ini rumah buat bapak. Rumah sendiri. Jadi, nanti kalau Pak Ujang ‘diusir’ setelah saya pergi, bilang sama saya. Tapi ingat, rumah ini tidak bisa diperjualbelikan,” kata Puan ke Ujang di Kampung Pasir Sembung, Desa Sukanagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur pada Rabu, 1 Maret 2023.

Ujang mengaku bersyukur kepada Puan. Sebab, dia beserta istri dan anaknya mendapat bantuan hunian tetap dan tidak lagi tidur di tenda darurat. 

"Alhamdulillah, akhirnya bisa ada rumah. Jadi kami tidak lagi tidur di tenda,” kata Ujang.

Untar lakukan PKM untuk korban gempa Cianjur

Photo :
  • Istimewa

Puan kemudian menyoroti pencairan bantuan rumah warga terdampak bencana gempa yang terjadi pada akhir 2022. Dia bilang penyaluran relokasi terhambat karena sistem administrasi dan verifikasi lapangan yang ketat mengingat daerah tersebut merupakan lokasi paling terdampak gempa.

Lebih lanjut, Puan meminta agar realisasi bantuan rumah atau hunian bagi korban gempa dapat secepat mungkin direalisasikan. Apalagi, kata dia, saat ini musim hujan.

“Hunian tetap agar segera bisa dihuni oleh warga setelah penyerahan kunci, karena musim hujan,” ujarnya.

Puan mengklakm siap memperjuangkan agar masyarakat terdampak gempa yang rumahnya rusak dan saat ini masih tinggal di tenda bisa segera mendapat bantuan hunian sebelum idulfitri.

“Saya akan dorong agar para korban gempa bisa lebaran di rumah, bukan di tenda,” kata cucu Bung Karno tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya