Anies Sebut Ada Menko Terangan-terangan Ingin Ubah Konstitusi: Ini Harus Dilawan

Anies Baswedan di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Bakal Calon Presiden RI, Anies Rasyid Baswedan, mengungkapkan adanya Menteri Koordinator yang berusahan untuk merubah konstitusi. Hal tersebut diungkapkan Anies dalam acara Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan oleh KAHMI Jaya pada Kamis malam, 17 Maret 2023.

Pakar Hukum: Penambahan Jumlah Kementerian Keniscayaan Konstitusional

Mulanya, Anies menyinggung mengenai adanya sejumlah orang yang bertanya mengenai kualitas demokrasi Indonesia yang menurun. Namun Anies menjawab bahwa sebenarnya kualitas demokrasi Indonesia tidak menurun.

"Sya sering dapat pertanyaan begini Mengapa kualitas demokrasi kita menurun. Saya rasa kualitas demokrasi kita tidak menurun, tetapi orang-orang yang tidak komitmen dengan demokrasi sekarang lebih lebih berani untuk mengungkapkannya," kata Anies dalam acara tersebut yang dikutip pada hari Jumat, 17 Maret 2023.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Warga memasukkan surat suara saat Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Anies mengatakan, kualitas demokrasi Indonesia tidak turun, melainkan saat ini semakin banyak orang yang tidak komitmen terhadap demokrasi yang semakin berani mengungkapkan pemikirannya.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Mereka yang tidak commit dengan prinsip demokrasi, sekarang lebih berani mengungkapkan pikirannya. Karena itu kita yang commit dengan demokrasi harus lebih kuat lagi mengungkapkan pikirannya," ujar Anies

Kemudian, Anies menyinggung adanya tokoh yang menjabat sebagai Menteri Koordinator saat ini mulai berani menyuarakan mengubah konstitusi. Namun Anies tak menyebut siapa menko yang dimaksud.

"Kita tidak pernah membayangkan ada petinggi, menyatakan 'Mari kita ubah konstitusi' nggak pernah membayangkan. Kalaupun ada juga cuma di pertemuan ruang-ruang tertutup kan. tetapi di ruang terbuka mengatakan itu, tidak pernah terbayang," kata Anies.

Saat ini, ada seorang Menko yang menyuarakan mengubah konstitusi. Bahkan mengajak masyarakat untuk mendukung langkah tersebut.

"Kok ada orang yang berada dalam posisi kunci, posisi kunci ini Menko, mengatakan merubah konstitusi, dengan jumlah orang berapa banyak yang mau mendukung. Ini adalah bukan menurun kualitas demokrasi. Kualitas demokrasi kita tidak menurun hanya orang-orang yang tidak komit pada demokrasi itu makin berani mengungkapkan pikirannya secara terbuka, tidak tidak tabuh," kata Anies.

Menurut Anies, pemikiran yang tidak sesuai dengan amanat reformasi itu harus dilawan. "Ini yang harus dilawan. Kenapa, ini bukan melawan orang, tapi ini adalah menyelamatkan semangat reformasi yang kita lakukan tahun 98," ujar Anies

Jika aturan yang ada tidak ditaati, kata Anies, maka sistem yang ada akan rusak. Oleh karena itu, Anies mantap ingin maju sebagai calon Presiden untuk menyelamatkan Indonesia dari kerusakan tersebut.

"Jadi kita jaga itu, karena kalau tidak maka akan rusak. Ketika aturan main kita jaga, kita hormati, Insya Allah ke depan kita akan bisa jauh lebih baik," ujarnya

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Saat ini untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik, menurut Anies yang dibutuhkan hanyalah proses yang adil. "Yang kita butuhkan hanyalah fair play, yang kita butuhkan hanyalah kesetaraan, kesempatan, yang kita butuhkan adalah kenetralan dari yang memegang kewenangan. Kalau itu terjadi, insya Allah apa yang kita ikhtiarkan akan bisa kita terlaksanakan," ujar Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya