Plt Ketum Mardiono Sebut Capres PPP Bukan dari KIB, Ganjar Pranowo?

Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA Politik – PPP menggelar Rapimnas di kediaman Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono yang berada di kawasan Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Selasa 25 April 2023. Rapimnas ini salah satunya membahas tentang nama tokoh yang akan diusung PPP di Pilpres 2024 mendatangnya.

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Nama tokoh yang akan diusung ini telah mengerucut pada satu nama. Rencananya nama capres pilihan PPP ini akan diumumkan pada Rabu 26 April 2023 di kediaman Mardiono.

Mardiono secara samar memberikan kode siapa tokoh pilihan PPP untuk dijagokan di Pilpres 2024 mendatang. Mardiono memberikan kode jika tokoh ini bukan berasal dari internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dimana PPP berada di dalamnya bersama dengan Partai Golkar dan PAN.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

"Jadi kita tidak membicarakan tentang KIB. Soal KIB buat PPP kami adalah bagian dari koalisi itu. Tapi perlu saya sampaikan dalam piagam deklarasi yang kita tandatangani itu adalah kerjasama dalam keputusan politik, ide dan gagasan ya," kata Mardiono, Selasa 25 April 2023 petang.

"Kemudian (dalam piagam deklarasi) tidak mengikat atau mempengaruhi internal partai masing-masing. Jadi itu kita menyerahkan (urusan internal ke masing-masing parpol),"sambung Mardiono.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

Mardiono berkomentar terkait tokoh yang akan diusung PPP di Pilpres 2024 ini bisa saja sama dengan usulan dua partai di KIB. Meski demikian tak menutup pula ada kemungkinan pilihan PPP berbeda dengan Partai Golkar maupun PAN.

Ganjar menghadiri Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PPP Jawa Tengah

Photo :
  • Istimewa

Mardiono menjelaskan dirinya belum tahu apakah tokoh yang akan diumumkan dan didukung sebagai capres pilihan PPP ini sama atau berbeda dengan nama tokoh pilihan Partai Golkar dan PAN. Hal ini disebabkan dua partai tersebut hingga saat ini belum mengumumkan nama capres yang akan diusung.

"Ya belum ada perbedaan (pilihan capres yang diusung). Kan belum mengumumkan (Golkar dan PAN). Saya baru mengumumkan besok (Rabu 26 April 2023) atas permintaan arus bawah," ucap Mardiono.

"Kemudian PAN belum mengumumkan. Pak Airlangga juga belum mengumumkan selama satu tahun kita berkoalisi. Saya pikir nggak ada masalah. Toh keputusan diperuntukan untuk yang terbaik membangun bangsa dan negara," sambung Mardiono.

Sebelumnya, Mardiono merespons pernyataan Presiden Jokowi yang menyatakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno sebagai salah satu kandidat yang cocok menjadi cawapres Ganjar Pranowo

Mardiono dengan tegas menyetujui pernyataan Jokowi itu. Ia menilai Sandiaga Uno yang digadang-gadang bakal merapat ke PPP ini dinilai cocok maju mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Menurut saya, cocok karena waktu itu Pak Presiden (bilang) cocok. Jadi Pak Ganjar dengan Pak Sandi cocok," kata Mardiono kepada wartawan, seperti dikutip, Minggu, 23 April 2023.

Sementara Ganjar Pranowo menambahkan, urusan pasangan cawapresnya diserahkan kepada PDIP. Dirinya mengungkap kalau partainya bakal berkoordinasi dan melakukan lirikan, ngobrol, dan ngopi menentukan pasangan cawapres yang tepat. 

"Soal pasangan kan urusan partai, jadi habis ini kan partai akan berkoordinasi, kerja sama, lirik-lirikan, ngobrol, ngopi, bu ketua umum sudah perintahkan nanti partai yang mengkoordinasi," kata Ganjar menambahkan. 

PDIP resmi mencalonkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang diketahui juga sebagai kader partai berlambang banteng dengan moncong putih itu sebagai calon presiden (capres). Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya