Demokrat Buka Pintu Jajaki Koalisi dengan Golkar di Pilpres 2024

Ketum Demokrat AHY dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto di Cikeas.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA Politik - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendorong Partai Golkar untuk bisa bergabung dengan Koalisi Perubahan, bersama Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). AHY bilang pihaknya membuka pintu.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Menurut dia, Koalisi Perubahan sangat terbuka untuk partai politik lain dalam mengelola Indonesia sebagai negara besar.

"Koalisi Perubahan juga tentu membuka diri karena ini negara besar. Tidak mungkin satu dua elemen saja yang berbuat dan berperan. Kami, Golkar, dan Partai Demokrat ingin berperan lebih besar, lebih baik lagi untuk negeri kita," kata AHY usai pertemuan dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu malam, 29 April 2023.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Ketum Golkar AIrlangga Hartarto dan Ketum Demokrat AHY bertemu di Cikeas.

Photo :
  • Dok. Golkar

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam pertemuan juga dibahas kemungkinan kedua partai politik untuk bekerja sama.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Rasanya patut bagi dua partai ini, Golkar dan Demokrat untuk duduk bersama dan tentu juga membicarakan berbagai kemungkinan yang bisa kita hadapi ke depannya," kata AHY.

AHY menyinggung Demokrat dan Golkar pernah menjalin kerja sama pada masa SBY menjabat Presiden RI ke-6 periode 2004-2014.

Sementara, Airlangga Hartarto juga mengatakan partainya membuka pintu untuk berkomunikasi dengan partai-partai politik lain, termasuk Partai Demokrat. Meskipun Golkar menyadari sudah memiliki koalisinya sendiri, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), bersama PAN dan PPP.

"Tentu saya menyampaikan bahwa Partai Golkar terus membuka silaturahmi dan dialog dengan partai-partai politik karena penting bagi Indonesia agar seluruh partai ini suasananya adem," kata Airlangga.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya