Pesan Rano ke Ganjar: Mudah-mudahan Lanjutkan Pembangunan, Tidak Lupakan Banten

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan politikus PDIP Rano Karno.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik- Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Rangkasbitung, Lebak, Banten, Sabtu, 29 April 2023. Ganjar didampingi Anggota DPR Fraksi PDIP Rano Karno.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Pun, Rano sempat mengajak Ganjar mengunjungi Museum Multatuli. Saat itu, ada sejarawan tang juga inisiator museum Multatuli Bonnie Triyana. Lalu, ada juga Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi.

Rano menjelaskan alasan dirinya mengajak Ganjar mengunjungi Museum Multatuli. Bagi dia, Multatuli adalah inspirasi bagi banyak orang tentang cita-cita keadilan dan kemanusiaan. 

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Pak Ganjar hadir di sini untuk memperjuangkan itu semua, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Rano, dalam keterangannya, Sabtu malam, 29 April 2023.

Dia mengingatkan Presiden ke-1 RI Soekarno atau Bung Karno pernah mengunjungi Rangkasbitung. Nah, bagi Rano, kunjungan Ganjar kali ini jadi semacam tapak tilas dari perjalanan Bung Karno. 

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Jangan lupa, Bung Karno pernah ke Rangkasbitung. Jadi, kunjungan Pak Ganjar ini adalah tapak tilas dari perjalanan Bung Karno untuk menghayati lebih dalam apa yang diperjuangkan dan dicita-citakan Bung Karno," tutur eks Gubernur Banten tersebut. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Politikus PDIP Rano Karno.

Photo :
  • Istimewa

Lantas, adakah pesan Rano untuk Ganjar yang merupakan bakal capres 2024? Rano hanya berharap kepada Ganjar jika terpilih sebagai RI-1 bisa melanjutkan pembangunan nasional yang sudah dilakukan Jokowi di Banten. 

"Secara khusus, saya berharap Pak Ganjar melanjutkan pembangunan nasional yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi," ujarnya.

Dia bilang Banten berdampingan langsung dengan Jakarta. Rano berdoa yang terbaik untuk Ganjar sebagai Presiden periode 2024-2029 dalam melanjutkan pembangunan dan terus meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Menurutnya, Presiden Jokowi sudah berikan 14 proyek nasional di Banten. Dia berharap Ganjar kelak jika jadi pemimpin RI tak melupakan Banten. 

"Tadi Mas Ganjar melewati tol yang dibangun Pak Jokowi. Artinya mudah-mudahan Mas Ganjar melanjutkan pembangunan di Banten dan tidak melupakan Banten," katanya. 

Adapun Ganjar menyampaikan dirinya dapat banyak pengetahuan penting tentang Museum Multatuli. Bagi dia, Museum Multatuli sebagai tempat bersejarah yang telah dibangun.

"Apa yang pernah dituliskan Multatuli jadi banyak inspirasi perasaan orang untuk memanusiakan manusia. Kemudian berjuang melawan penindasan. RA Kartini dan Bung Karno pun terinspirasi. Mudah-mudahan generasi muda paham akan hal ini," jelas Ganjar. 

Menurut Ganjar, ada banyak hal menarik dari Multatuli. Salah satunya nilai-nilai yang diadopsi oleh para pahlawan nasional. 

"Ya, tentu saja yang menyebarkan nilai pemberontakan itu dari mereka diadopsi oleh para pahlawan kita saat itu. Ini ada orang Belanda yang menyampaikan kepada rajanya dengan tulisan," jelasnya.

"Apa yang kamu inginkan dari penjajahan ini? Sampai kapan? Nah, itu dalam dan yang hebat dari beliau sebagai sastrawan sehingga dibuat dengan novel percintaan yang jauh lebih halus," ujar Ganjar.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya