Partai Buruh Saring 4 Nama Kandidat Capres, Ada Ganjar Pranowo hingga Najwa Shihab

Presiden Partai Buruh Said Iqbal pada peringatan May Day Fiesta 2023.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Politik – Partai Buruh menyaring empat nama kandidat calon presiden (capres) yang dinilai layak diusung pada Pemilu 2024. Empat nama itu di antaranya Ganjar Pranowo, Said Iqbal, Anies Baswedan hingga Najwa Shihab. 

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Meski ada empat kandidat yang dinilai layak, Partai Buruh belum memberikan putusan final terkait siapa yang akan diusung pada Pemilu 2024.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan keempat nama itu masuk dalam daftar kandidat capres melalui Rakernas yang digelar beberapa waktu lalu. Ganjar merupakan sosok yang menempati posisi pertama dari hasil Rakernas itu.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Meski begitu, Said Iqbal menegaskan, pihaknya belum memutuskan mendukung atau mendeklarasikan Ganjar sebagai capres pada Pilpres 2024.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

"Belum diputuskan Ganjar Pranowo, jangan salah. Tentang Pak Ganjar, nomor satu di Rakernas, itu betul, tapi belum diputuskan Pak Ganjar Pranowo," ujar Said Iqbal dalam peringatan May Day Fiesta 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 1 Mei 2023.

Said Iqbal menuturkan, mekanisme pemilihan capres yang akan diusung oleh Partai Buruh akan melalui berbagai tahap. Setelah Rakernas, ada tahap lanjutan yakni konvensi serta pemilihan melalui presidium sebelum menentukan capres yang diusung. 

"Partai Buruh hanya berkoalisi dengan capres yang nanti akan dipilih melalui rakernas, sudah selesai. Melalui konvensi Partai Buruh belum Juni, Juli, dan melalui presidium," ujarnya.

Ia menegaskan, Partai Buruh tidak akan berkoalisi dengan capres yang partai pengusungnya mendukung Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker). 

"Parai Buruh tidak akan berkoalisi dengan parpol yang setuju dengan Omnibus Law," kata Said Iqbal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya