Sekjen PKS: Politik Dinamis, Airlangga Sangat Mungkin Jadi Cawapres Anies

Ketum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan SBY di Cikeas, Bogor.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA Politik - Kedatangan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, memunculkan spekulasi menuju 2024. Salah satunya terkait peluang Airlangga jadi cawapres Anies Baswedan.

Kepemimpinannya Dikhawatirkan Bahayakan Demokrasi, Begini Jawaban Blak-blakan Prabowo

Menanggapi kemungkinan Airlangga jadi pendamping Anies, Sekretaris Jenderal DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan hal itu sangat mungkin bisa terjadi. Namun, urusan cawapres itu masih perlu pembahasan panjang bersama Koalisi Perubahan Persatuan (KPP) yang dukung Anies jadi capres.

"Sangat mungkin. Mungkin terjadi (Airlangga jadi cawapres Anies). Tapi itu dalam posisi pembicaraan yang masih panjang," kata Habib Aboe, sapaan akrabnya di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin, 1 Mei 2023.

Mendagri Tito Setuju Sistem Pemilu Dikaji Ulang

Dia mengingatkan dalam politik sangat dinamis sehingga segala kemungkinan berpeluang terjadi di 2024. Ia bilang urusan capres dan cawapres juga tergantung pendekatan politik antar partai politik.

"Yang namanya politik sangat dinamis dan berkembang siapa dengan siapa itu tergantung pendekatan," lanjut Anggota DPR tersebut

Airlangga Tunggu Hasil Survei Dico Ganinduto-Raffi Ahmad untuk Pilkada Jateng 2024

Ketum Golkar AIrlangga temui Ketua Majelis Tinggi Demokrat SBY di Puri Cikeas.

Photo :
  • Dok. Golkar

Pun, ia menyampaikan PKS tetap komitmen menjaga KPP tetap solid hingga kontestasi Pilpres 2024. Kata dia, PKS siap mengawal pemenangan Anies sebagai capres.

"PKS saat ini tetap dalam posisi menjaga hubungan koalisi yang sudah berjalan baik dan berusaha memenangkan PKS dan Anies," kata Aboe.

Menurut dia, pertemuan Airlangga dengan SBY serta Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak akan mempengaruhi kesolidan KPP sebagai poros pendukung Anies. Ia mengklaim PKS bersama Demokrat dan Nasdem sudah solid dalam membangun KPP. "Nggaklah koalisi sudah rapi, sudah bagus. Kami bertiga solid," kata Aboe.

Lebih lanjut, dia berharap Golkar bisa merapat dalam KPP untuk menambah dukungan terhadap Anies sebagai capres 2024. Bagi dia, pertemuan Airlangga dengan SBY sebagai hal yang positif dalam silaturahmi antar parpol.

"Insya Allah moga-moga Pak Airlangga nambah. Nah, itu lebih cakep lagi, lebih bagus," tuturnya.

Airlangga bersama elite petinggi Golkar mendatangi kediaman SBY di Puri Cikeas, Sabtu malam, 29 April 2023. Kedatangan rombongan Golkar disambut putra SBY yang juga Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Selain AHY, ada Wakil Ketua Umum DPP Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dan Sekretaris Jenderal DPP Teuku Riefky Harsya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya