Bertemu Dubes China, Menko Airlangga Jajaki Kerja Sama Bidang Pengelolaan Nikel

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Duta Besar China untuk Indonesia YM. Lu Kang.
Sumber :
  • ekon.go.id

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Duta Besar China untuk Indonesia YM. Lu Kang. Pertemuan ini untuk mendorong peningkatan kerja sama khususnya di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi

Pemerintah Daerah China Terpaksa Beli Rumah di Tengah Krisis Ekonomi

Airlangga mengatakan, Indonesia akan menjajaki untuk dilakukan kerja sama pembangunan pusat penelitian dan pengembangan (R & D Center) antara Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan CNGR Co.Ltd. 

"Perusahaan CNGR merupakan perusahaan RRT yang berbasis di Guangxi, China dan memiliki teknologi baru dan mutakhir di bidang pengolahan nikel. Perusahaan ini juga telah melakukan investasi dalam pengolahan dan produksi nikel di Morowali, Sulawesi Tenggara," kata Airlangga dalam keterangannya, dikutip Rabu, 15 Mei 2024.

Bappebti hingga Pelaku Industri Aset Kripto Pastikan Pengembangan Ekosistem Bisnis Berkelanjutan

Bea Cukai Berikan Fasilitas Kawasan Berikat pada Perusahaan Nikel di Morowali

Photo :

Sebagaimana diketahui, China merupakan salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia di mana total nilai perdagangan RI-China pada tahun 2023 sebesar US$127,8 miliar. Neraca perdagangan kedua negara tahun 2023 telah menunjukkan keseimbangan di mana Indonesia mengalami surplus untuk pertama kalinya. 

Israel Serang Rafah, Sri Mulyani Sebut Picu Dampak dan Dinamika Luar Biasa

Dia menuturkan, di tahun 2023, China juga merupakan investor terbesar kedua setelah Singapura dengan jumlah investasi sebesar USD7,4 miliar. Nilai tersebut menurun sekitar 9,7 persen ke US$8,2 miliar dolar pada tahun 2022.

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini, Duta Besar  China menyerahkan surat dari pimpinan Partai Komunis China (PKC) tentang ucapan selamat atas pencapaian Partai Golkar dalam Pemilu 2024 yang lalu. Duta Besar China juga berpamitan kepada Airlangga karena masa penugasannya di Indonesia telah selesai dan akan digantikan oleh koleganya dari RRT.

Duta Besar RRT sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam atas dukungan dan kerja sama dari Kemenko Perekonomian sehingga kerja sama bilateral RI-China semakin erat dan meningkat di berbagai bidang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya