Gegara Nyanyikan Lagu Mandarin, Pelajar SMK Jember Ini Viral di China hingga Dapat Tawaran Beasiswa

Pelajar fasih nyanyi mandarin
Sumber :
  • Instagram

VIVA Trending – Beredar sebuah video membanggakan di media sosial yang diukir oleh sejumlah pelajar di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan. Bagaimana tidak, sejumlah pelajar yang ada di dalam video tersebut berhasil mendapatkan banyak tawaran beasiswa karena kemampuannya dalam berbahasa Mandarin.

GIIAS 2024 Bakal Jadi Bukti Kebangkitan Industri Otomotif Indonesia

Momen tersebut dilihat dari salah satu akun Instagram @balikpapan_pos pada Senin, 27 Mei 2024. Dalam video yang beredar di media sosial itu menampilkan sejumlah pelajar yang secara fasih melantunkan lagu dari bahasa Mandarin.

Jet Tempur Tiongkok Teror Kapal Perang NATO Usai Berani Terobos Laut China Timur

Terlihat terdapat tujuh orang siswa-siswi dan salah seorang guru menyanyikan lagu Mandarin secara bergantian. Menariknya tidak hanya fasih melantunkan lagu dengan bahasa Mandarin, mereka juga bernyanyi dengan suara yang indah dan merdu.

Diramaikan 10 Merek dari Tiongkok, GIIAS 2024 Jadi Pameran Terbesar di Luar China

Suara merdu dan kefasihan mereka dalam menyanyikan lagu Mandarin bak seorang penyanyi asli dari China. Tak heran jika kemampuannya tersebut membuat sejumlah pelajar dan guru itu pun dipuji banyak kalangan.

Lantunan suara merdu itu diketahui berasal dari para siswa-siswi dan guru dari SMK 1 Pancasila, Ambulu, Jember, Jawa Timur.

Guru mata pelajaran bahasa Mandarin, Sufa’ati, mengatakan anak didiknya tidak membutuhkan waktu lama untuk belajar bahasa Mandarin, termasuk mempelajari lagu-lagunya.

“Saya mengajarnya kelas 1, 2, 3 itu bersambung, jadi yang kelas 3 itu sudah mahir. Terus untuk menyanyi itu hanya butuh 2 jam. Kan anak-anak sudah pintar nyanyi, coba nyanyi lagu Mandarin, judulnya apa laoshi, saya beri kasih lagu ini lho, judulnya kamu cari di You Tube, coba dipelajari. Kemudian syairnya itu saya tulis, kemudian ini dihafalin, itu kira-kira 2 hari, setelah itu waktu take hanya 2 jam, jadi," terangnya dikutip Instagram @balikpapan_pos pada Senin, 27 Mei 2024.

Video yang lebih dulu dibagikan oleh Sufa’ati itu pun akhirnya beredar di media sosial hingga viral ke negeri China.

Karena viral hingga ke negeri tirai bambu lantas membuat murid-muridnya ditawari beasiswa untuk kuliah di Negara dengan julukan Tirai Bambu itu. Tawaran beasiswa pendidikan itu telah melalui pembicaraan dengan pihak Yayasan.

“Kemarin setelah viral ini kita dapat tawaran dari universitas di Guangzou sama di Guangxi, itu ada tawaran S-1 ke China gratis. Jadi, anak-anak tambah semangat. Jadi, siapa yang minat itu saya kasih ekstra. Jadi, misalkan sore hari atau hari Minggu itu, saya suruh ke rumah saya, saya kasih ekstra, jadi untuk memantapkan," katanya lebih lanjut.

Reaksi Warganet

Sontak saja aksi menyanyi para pelajar Jember yang viral ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.

"Gw sbg keturunan chinese pas liat video ini lgsng tertampar.. casing doang chinese tp gk ngerti mandarin  Kalian semua yg ada di video hebat loh!" tulis warganet.

"Pleasee siapapun tolong like komenku mau balik lagi liat ibu gurunya nyanyiii," terang lainnya.

"Lagu mandarin itu susah bgt lo artikulasi nya," terang lainnya.

"Naikkan gaji guru nya," tulis lainnya.

"Bisa dicoba ni nyanyi ini didepan koko penjual hp, siapa tau bisa dpt potongan diskon 70 %," kata lainnya.

"Mereka yg nyanyi. Gue yg baca liriknya komat kamit baca ga ngerti," tulis lainnya.

"Mandarin termasuk bahasa yg sulit lho dipelajari , keren gurunya, siswanya jg keren banget," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya