Viral Curhat Warganet Sebut Bali Dijajah WNA: Mereka Rebut Pekerjaan Warga Lokal

WNA Ukraina dengan visa investor menjalankan praktik pijat di Bali dideportasi
Sumber :
  • Maha Liarosh (Bali)

Bali – Selebgram, Wanda Ponika menganggap kondisi Bali kini sedang tidak baik-baik saja. Menurutnya, Pulau Dewata sedang dijajah oleh warga negara asing (WNA), mulai dari ekonomi hingga harga diri.

Bule Asal Jerman Bikin Onar di Bali, Aniaya Warga Hingga Merusak Villa

Hal tersebut viral di media sosial setelah dibagikan Wanda pertama kali melalui Instagram pribadinya @wandaponika pada Sabtu, 18 Mei 2024 lalu.

Dia mengatakan, saat ini banyak dijumpai WNA yang berlaku seenaknya di Bali, mulai dari ugal-ugalan saat berkendara di jalan, berbuat mesum di tempat umum hingga menodai tempat suci di Negeri Seribu Pura tersebut.

10 Jurusan Kuliah yang Miliki Peluang Tinggi untuk Jadi Pengusaha

Viral Aksi Bule Berbikini Mandi Pertamax di Bali

Photo :
  • Istimewa

“Seolah kita bangsa miskin, lemah yang tak berdaya dan tak mampu memberi sanksi pada mereka,” tulisnya dikutip Minggu 26 Mei 2024.

Aplikasi MyPulsa Bagi-bagi Cuan, Begini Cara Dapatnya

Wanda juga mengaku cukup resah dengan diubahnya nama peta Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung menjadi New Mockba atau New Moscow.

Di sana, para WNA disebut membuka berbagai tempat usaha dan bekerja dengan visa turis. Wanda mengungkap, mereka merebut pekerjaan yang selama ini menjadi mata pencaharian warga lokal.

“Pekerjaan mereka beragam, mulai menjadi guru tari, guru yoga, makeup artist, buka restoran, salon, membuat tato, spa, arsitek dan mendadak jadi kontraktor,” tulisnya.

Selain itu, lanjut Wanda, para WNA juga mulai merambah bisnis sewa motor, salah satu bisnis yang sangat banyak dilakukan warga Bali.

“Karena modalnya tak besar dan bisa dibiayai leasing, kini bisnis (sewa motor) dirambah warga asing,” imuhnya.

Bule Ribut dengan Pecalang yang Bertugas Mengamankan Ritual Melasti di Bali

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

“Seberapa banyak lowongan pekerjaan yang direbut? Seberapa banyak potensi pemasukan negara yang hilang?” sambungnya.

Parahnya lagi, Wanda mengungkap bahwa konsumen dari berbagai bisnis yang digeluti WNA tersebut adalah sesama dari mereka. “Komunitas mereka cukup besar di Bali. Polanya saling support, mereka cuma mau belanja dan memakai jasa rekan senegara mereka,” katanya.

“Kita WNI wajib bayar pajak, lalu WNA mengeruk uang di negeri kita tanpa jelas bayar pajak atau tidak,” sambungnya.

Terakhir, Wanda meminta pemerintah membuat call center yang fokus melayani aduan masyarakat apabila menemukan bisnis ilegal milik WNA yang dilakukan di Bali.

Bule Bugil di Bali

Photo :
  • Tangkapan Layar: Twitter
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya