AHY Digoda Golkar-PKB, Nasdem: Kami Yakin Demokrat Keimanan Politiknya Tidak Tipis

Ketum Demokrat AHY dan Ketum PKB Cak Imin bertemu di Puri Cikeas, Bogor.
Sumber :
  • Twitter @AgusYudhoyono

VIVA Politik - Dinamika politik menuju 2024 diwarnai manuver pimpinan Golkar dan PKB yang merayu Demokrat untuk membentuk poros koalisi baru. Padahal, Demokrat sudah membangun Koalisi Perubahan Persatuan (KPP) bersama PKS dan Nasdem.

Khofifah Belum Komunikasi dengan PKB, Cak Imin Bilang Banyak Stok Kader

Menanggapi itu, Ketua DPP Nasdem Effendy Choirie alias Gus Choi yakin Demokrat tak akan berpaling ke koalisi lain. Dia mengatakan demikian, karena Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai punya keimanan politik yang tebal.

Maka itu, ia percaya Demokrat tak akan loncat ke koalisi lain. Selain itu, KPP juga sudah punya bakal capres yaitu Anies Baswedan yang dianggap sebagai pilihan terbaik.

Putri Amien Rais Ambil Formulir di PKB untuk Maju Wali Kota Yogyakarta

"Nggak, kami yakin Demokrat keimanan politiknya tidak tipis, tebal. Bahwa mas Anies adalah pilihan tepat, bobot, bebet, bibitnya sudah melampaui yang lain-lain sehingga itu terbaik untuk Indonesia," kata Gus Choi, dalam Kabar Petang tvOne yang dikutip VIVA pada Kamis, 4 Mei 2023.

Ketum Demokrat AHY dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto di Cikeas.

Photo :
  • Dok. Golkar
PKB: Banyak yang Bilang Pertemuan Cak Imin dengan Prabowo Ibarat CLBK

Dia bilang, Nasdem punya keyakinan sama dengan Demokrat dan PKS dalam membangun KPP. Bagi dia, jika ada gangguan dari luar sebagai hal yang biasa dalam politik.

"Jadi, keyakinan kami sama dengan Demokrat dan PKS. Karena itu, adapun yang lain-lain, gangguan, itu biasa. Itu gangguan, itu tantangan, apalah biasa, dalam perjuangan," ujar Gus Choi.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin silaturahmi menemui Ketua Umum Partai Demokrat AHY di Puri Cikeas, Bogor, Rabu malam, 3 Mei 2023. Selain AHY, Cak Imin juga sowan ke Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (AHY).

Cak Imin terang-terangan agenda kedatangannya untuk melobi Demokrat agar bisa gabung ke koalisi besar. Namun, ia mengaku upayanya gagal.

Imin mengatakan belum sempat bicara banyak dengan AHY pada pertemuan empat mata di kediaman SBY. 

"Dari awal saya ingin mengembangkan koalisi, salah satu agenda saya mempengaruhi partai-partai termasuk AHY. Tapi setelah bertemu, (AHY) imannya kuat. Rahasianya, akhirnya saya belum ngelamar karena niatnya masih kuat," kata Cak Imin di Cikeas, Bogor.

Selain Cak Imin, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto juga sempat menemui AHY dan SBY di Cikeas, pada Sabtu malam, 29 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya