PKS Yakin Koalisi Perubahan Tetap Solid Meski AHY-Cak Imin Sempat Saling Goda

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman memastikan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tetap solid. Meskipun, Demokrat sempat menggelar pertemuan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Dalam pertemuan itu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bahkan sempat saling menggoda untuk bergabung pada koalisi masing-masing.

"Ada pertemuan antara Demokrat dengan PKB, saya sampaikan bahwa semua pertemuan-pertemuan itu tidak mengganggu soliditas kami. Kenapa bisa demikian atau mungkin tadi pakai bahasa itu bahwa kita semuanya masih kuat imannya, insyaallah ya dalam koalisi ini," kata Sohibul kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Jumat, 5 Mei 2023. 

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Sohibul menerangkan, KPP tetap solid lantaran selama ini komunikasi yang terjalin antara Nasdem, Demokrat maupun PKS selalu bersifat terbuka. Tiap partai juga selalu melaporkan isi pembicaraan ketika rampung melakukan pertemuan dengan partai lainnya.

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

"Kami sangat terbuka, karena itulah yang menguatkan kami. Jadi kalau teman-teman banyak yang bertanya, misalkan meragukan, 'gimana kondisinya koalisi?', saya katakan baik-baik saja, dengan segala dinamika yang ada," tuturnya. 

Sohibul menilai, godaan yang dilayangkan Cak Imin kepada AHY untuk bisa bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) merupakan hal yang biasa terjadi dalam dinamika politik. Hal tersebut kata dia harus disikapi dengan dewasa.

"Kalau Cak Imin mengatakan ingin menggoda Demokrat, sebaliknya ketika saya tanya teman-teman, Demokrat ingin menggoda PKB untuk masuk gitu. Jadi itu biasa saja," pungkas Sohibul.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sempat menggoda Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia dan (KKIR) dan koalisi besar. 

Namun ternyata, godaan itu belum dapat membawa AHY untuk bergabung. Imin pun mengaku belum sempat bicara banyak dengan AHY pada pertemuan empat mata di kediaman SBY.

"Dari awal saya ingin mengembangkan koalisi, salah satu agenda saya mempengaruhi partai-partai termasuk AHY. Tapi setelah bertemu, (AHY) imannya kuat. Rahasianya, akhirnya saya belum ngelamar karena niatnya masih kuat," kata Cak Imin berkelakar saat ditanyai awak media usai pertemuan di Puri Cikeas, Bogor, Rabu malam, 3 Mei 2023.

Sementara, AHY membenarkan adanya pembicaraan tambahan antara dirinya selaku Ketua Umum Partai Demokrat dengan Cak Imin setelah pertemuan bersama SBY. Namun, pembicaraan itu, kata dia, masih dalam koridor yang tidak berlebihan. 

"Kami enggak ada upaya terlalu berlebihan untuk saling mempengaruhi. Anytime kita bisa saling ketemu, yang jelas semangat mencari jalan yang baik," kata AHY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya