Pangdam Apresiasi TNI-Polri Berhasil Sita Senjata, Amunisi, dan Alat Komunikasi Milik KKB

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa
Sumber :
  • ANTARA/Evarukdijati

VIVA Politik – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVII Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengapresiasi anggota TNI dan Polri yang berhasil menyita senjata dan amunisi dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Selain senjata api dan amunisi juga disita berbagai peralatan komunikasi seperti HT, radio SSB, handphone dan alat komunikasi lainnya.

"Berbagai peralatan komunikasi, senjata api dan amunisi itu diamankan dari KKB selama pencarian pilot Susi Air dan penegakan hukum," kata Saleh dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jayapura, Rabu, 10 Mei 2023.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Sebelumnya Pangdam XVII Cenderawasih juga mengatakan upaya pencarian dan pembebasan pilot Philip terus dilakukan dengan mengedepankan negosiasi.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Proses negosiasi mengalami naik turun karena ada dari pihak KKB yang mendukung upaya tersebut tetapi ada juga yg tidak sehingga diharapkan dengan bantuan tokoh agama dan tokoh adat hal itu bisa diselesaikan.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Pendekatan negosiasi tetap dikedepankan dengan menjunjung tinggi kemanusiaan sehingga dalam melaksanakan tugasnya dilakukan secara terukur dan terpilih karena tidak semua masyarakat di daerah rawan mendukung keberadaan KKB," kata Pangdam Mayjen TNI Saleh.

Pilot Philip ditawan KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Pebruari sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya