Jelang Pemilu 2024, Sohibul Minta Legislator PKS Tingkatkan Advokasi untuk Rakyat

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar bimbingan teknis atau bimtek untuk seluruh Anggota DPRD dari PKS di Yogyakarta, sejak Selasa kemarin hingga Jumat lusa. Bimtek sebagai kesiapan jelang Pemilu 2024 itu diinisiasi DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah (BPW) Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jatijaya).

Utut Hadianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Dr Mohamad Sohibul Iman, yang hadir menyampaikan arahannya kepada legislator PKS mesti bisa berikan pelayanan kepada masyarakat. Menurut dia, pelayanan bukan hanya dalam bentuk charity dan pemberdayaan tapi sampai tingkat pelayanan tertinggi yaitu advokasi. 

"Saya minta ukuran keberhasilan anggota legislatif dari PKS adalah seberapa banyak keberhasilannya dalam advokasi untuk masyarakat. Bukan hanya berupa bantuan sosial dan pemberdayaan," kata Sohibul, dalam keterangannya, yang dikutip pada Rabu, 17 Mei 2023.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Dia menambahkan, advokasi sebagai pelayanan melalui perbaikan sistem. Caranya dengan ikhtiar memperjuangkan merevisi peraturan perundangan hingga berbagai bentuk pelayanan kepada masyarakat hingga bisa dilaksanakan dengan baik.

Ilustrasi kader PKS dalam acara partai

Photo :
  • Dok. PKS
Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Sohibul bilang advokasi yang ingin perbaiki sistem hanya bisa dilakukan politisi. Diharapkan dengan advokasi itu mencetuskan kebijakan yang pro kepentingan rakyat.

"Hasil dari advokasi oleh anggota DPRD dari PKS adalah adanya transformasi  dari mereka yang kesulitan mengembangkan diri dengan adanya kebijakan yang pro rakyat publik bukan hanya berdaya tapi juga mahadaya," jelas eks Presiden DPP PKS tersebut.

Pun, dia mengatakan, bagi anggota legislatif PKS memperjuangkan aspirasi rakyat sudah sebagai DNA atau garis perjuangan partai dakwah tersebut. 

"Saya sampaikan memperjuangkan aspirasi masyarakat itu DNA PKS. Saat partai ini didirikan ada manifesto politik yakni pemimpin sebagai pelayan masyarakat," lanjut Sohibul.

Menurutnya PKS jika ingin jadi pemimpin maka mesti siap melayani rakyat.

"PKS ingin menunjukkan ketika kita jadi pemimpin maka spiritnya adalah melayani masyarakat," ujar eks Wakil Ketua DPR itu.

Selain Sohibul, dalam bimtek itu hadir pula Wakil Ketua BPW Jatijaya DPP PKS Amin AK, Sekretaris BPW Jatijaya DPP PKS Wajdi Rahman, Ketua DPW PKS DIY Agus Mas'udi dan Ketua DPW PKS Jawa Tengah Muhammad Afif.

Sementara, Amin AK menyampaikan kesiapan PKS untuk bersaing dan memenangkan Pemilu 2024. Ia mengatakan PKS sebagai parpol yang pertama yang mendaftar bakal calon legislatif (bacaleg) di KPU. 

Amin optimistis terutama di wilayah Jatijaya, bisa mendongkrak perolehan kursi legislatif diberbagai tingkatan secara signifikan. Ia meyakini demikian karena Jatihaya dinilai sebagai barometer politik nasional.

"Sebab Jatijaya ini barometer politik Indonesia, jumlahnya mayoritas. Presiden RI berasal dari wilayah Jatijaya kecuali Pak Habibie. Insya Allah PKS di Jatijaya akan berkontribusi bagai kemenangan PKS di Indonesia" ujar Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Timur itu. 

Untuk diketahui, Bimtek Anggota DPRD PKS se-Jatijaya dihadiri 270 orang yang terdiri atas seluruh Anggota DPRD kota/kabupaten di Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Selain itu, ada Anggota DPRD Provinsi di Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya