Survei Indikator: Sandiaga Uno Teratas Ungguli Ridwan Kamil, Erick Thohir dan AHY

Sandiaga Uno di Bogor Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad AR

VIVA Politik – Sandiaga Uno menempati posisi teratas sebagai calon wakil presiden atau cawapres, hasil survei dari Indikator Politik Indonesia. Eks politisi Partai Gerindra itu, unggul dari sejumlah nama seperti Ridwan Kamil hingga Erick Thohir.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, memaparkan hasil temuan survei untuk cawapres apabila pilpres dilakukan sekarang. Dalam simulasi 7 nama calon wakil presiden, Sandiaga Uno memperoleh sebanyak 24,5 % suara dan menempati posisi teratas. Posisi kedua ada Ridwan Kamil yang memperoleh 18,3 % suara. 

Di bawah Ridwan Kamil, sebanyak 15,3 % memilih Erick Thohir. Posisi keempat ada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dengan 13,7 % suara. 

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

"Dalam survei kami, termasuk kalau kita bandingkan dengan survei tatap muka itu (Sandiaga Uno) mulai menyalip Ridwan Kamil. Jadi sebelumnya Ridwan Kamil teratas tuh, kemudian Sandi, Erick. Tapi ini ada perubahan, Sandi mulai menyodok," kata Burhanuddin dalam rilis survei yang diadakan secara virtual, Kamis, 18 Mei 2023.

Posisi kelima ditempati oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 7,5 % perolehan suara. Disusul posisi keenam ada Khofifah Indar Parawansa dengan 5,7 % suara dan terakhir ada Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan 1,1 %. 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"AHY turun, Ridwan Kamil juga turun. Erick kurang lebih stabil di peringkat tiga. Pak Mahfud naik," kata Burhanuddin.

Adapun target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki handphone. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. 

Dengan teknik RDD sampel terbanyak 1200 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi dan screening. Margin of error survei diperkirakan 2,9 % pada tingkat kepercayaan 95 % asumsi simple random sampling. Wawancara responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya