Tokoh Adat Yapen Papua Usul Budi Gunawan Jadi Cawapres untuk Ganjar

Presiden Jokowi bersama Kepala BIN Budi Gunawan (sebelah kanan Jokowi) di Papua
Sumber :
  • Setpres

VIVA Politik - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan atau BG kembali mencuat didorong maju sebagai bakal cawapres 2024. BG dinilai punya rekam jejak serta integritas mendukung untuk dicalonkan sebagai calon RI-2.

Utut Hadianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

Dukungan itu disuarakan tokoh adat Suku Rundi Kabupaten Yapen Provinsi Papua, Jafar Rundi. Dia mendorong BG layak jadi cawapres untuk Ganjar Pranowo.

“Saya dengan tegas mendukung Bapak Profesor Budi Gunawan sebagai cawapres mendampingi Bapak Ganjar Pranowo," kata Jafar Rundi, dalam keterangannya, Senin, 22 Mei 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Jafar mengatakan dukunganya lantaran banyak potensi yang dimiliki BG sebagai Cawapres. Selain itu, eks Wakapolri itu dinilai sudah teruji sebagai Kepala BIN.

“Kami menilai beliau sudah teruji, mampu menjaga stabilitas negara karena sebagai kepala BIN merupakan rekam jejak yang positif dan baik dengan kondisi negara saat ini," jelasnya.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Penghitungan surat suara Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut, dia menjelaskan alasan lainnya karena BG sudah memahami kondisi masyarakat Papua. Bagi dia, mantan Kapolda Bali itu layak mendampingi Ganjar jadi cawapres di 2024.

“Kami menganggap Professor Budi Gunawan tahu betul dengan kondisi masyarakat di tanah Papua jika dibandingkan tokoh lainnya yang saat ini muncul untuk untuk mendampingi Pak Ganjar Pranowo," ujarnya. 

Dia menyebut rekam jejak BG juga sudah terbukti dengan perannya  membangun tanah Papua.

"Terbukti ikut membangun dan berkontribusi terhadap penyiapan sumber daya manusia OAP (orang asli Papua) serta mendorong kewirausahaan bagi generasi muda," ujar Jafar.

Pun, ia berharap BG terus mencuat dan dapat dukungan jadi cawapres. "Harapan kami semoga proses pencawapresan dapat berlangsung lancar dan mendapatkan ridho dari Tuhan yang maha kuasa," jelasnya.

Kemudian, dia menyinggung Papua memiliki kompleksitas permasalahan yang sangat luar biasa. Maka itu, menurutnya perlu sosok pemimpin negara yang punya keseriusan menyelesaikan konflik Papua. 

Bagi dia, figur tersebut ada di dalam sosok BG. Menurut dia, persoalan Papua perlu keseriusan dan kesungguhan. Bukan hanya sekadar lips service.

“Tidak sekedar lips service tetapi sudah teruji dan terbukti. Karena itu, menurut pandangan kami, Prof Budi Gunawan adalah cawapres yang paling ideal untuk mewakili kami di Papua," sebut Jafar.

Dalam dinamikanya, Ganjar saat ini merupakan bakal capres yang akan diusung PDI Perjuangan (PDIP). Nama Ganjar diumumkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sejak April 2023.

Selain PDIP, parpol parlemen yang mendukung Ganjar sebagai bakal capres adalah PPP. Kemudian, ada parpol non parlemen yaitu PSI dan Hanura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya