Sepakat Survei LSI soal Airlangga, Golkar Komunikasi Intens dengan Prabowo

Ketum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Instagram @golkar.indonesia

VIVA Politik – Komunikasi politik terbuka, tetap dilakukan oleh Partai Golkar kepada semua partai politik yang ada saat ini, termasuk yang dilakukan oleh Ketua Umum, Airlangga Hartarto. Survei terbaru, Airlangga disebut memiliki variabel paling lengkap untuk menjadi cawapres.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Meski demikian, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono, mengakui memang ada intensitas komunikasi yang Golkar lakukan. Yakni dengan Partai Gerindra dan juga Ketua Umumnya Prabowo Subianto.

“Saya tegaskan, kita tidak menutup komunikasi dengan semua pihak. Walaupun yang sangat intens komunikasi itu Pak Prabowo,” ujar Dave, Jakarta, Selasa 23 Mei 2023.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Golkar dan PKB yang menjadi penghubung kedua poros koalisi, yakni KIB dan KKIR, lanjut Dave, juga tetap mendorong Airlangga sebagai cawapres dari Prabowo Subianto. Diakuinya, posisi Airlangga fleksibel, tidak harus menjadi capres.

“Tetap (dorong cawapres Prabowo). Bisa Pak Airlangga nomor 1, nomor 2, kita fleksibel,” katanya. 

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Dave yang juga anggota Komisi I DPR RI ini mengatakan, pihaknya punya pemahaman bahwa elektabilitas bukan segalanya. Pihaknya sepakat, elektabilitas bukan menjadi faktor yang utama untuk capres atau cawapres. Tetapi kapasitas dan pengalamannya dalam memimpin, itu yang terpenting.

“Jangan hanya melihat elektabilitas dan menghiraukan kapasitas, kapabilitas, pengalaman. Hanya melihat 'oh dia paling laku, itu kita pilih', jangan melihat itu dong, melihat kemampuannya. Bagaimana dia bisa memimpin kalau hanya populer di masyarakat tapi tidak memiliki pengalaman, kemampuan, ya nanti negara ini mau jadi apa,” jelasnya.

Untuk menjadi seorang pemimpin ke depan, dengan berbagai tantangan global, maka banyak kriteria pemimpin yang dibutuhkan. Dave menegaskan, itu ada pada Airlangga.

“Punya (kriteria) semua. Semuanya,” katanya.

Selaras Hasil LSI Denny JA

Airlangga Hartarto mendapatkan indeks tertinggi sebagai cawapres di Pilpres 2024. Diukur dari 5 variabel, Airlangga adalah yang paling lengkap memiliki variabel tersebut.

Itu adalah hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA. Dari 5 variabel pada indeks cawapres tersebut, Airlangga memenuhi 3 variabel. Yaitu kuasa tiket (karena adalah ketua umum partai), pengalaman pemerintahan, dan jaringan sumber dana.

“Airlangga Hartarto adalah cawapres dengan indeks tertinggi karena memenuhi paling banyak tiga variabel, yaitu kuasa tiket (ketum partai), pengalaman pemerintahan, dan jaringan sumber dana,” ujar peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfarabi, dalam keterangannya, pada Sabtu 20 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya