Survei Populi Center: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi Ungguli Anies dan Ganjar

Ilustrasi Pemilu 2024.
Sumber :
  • VIVA

VIVA Politik – Survei Populi Center menyebutkan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi salah satu tokoh bakal calon presiden (Bacapres) tahun 2024 yang memiliki elektabilitas paling tinggi ketimbang nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. 

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan mengatakan bahwa Prabowo Subianto mengungguli Anies dan Ganjar menjadi tokoh bacapres tahun 2024 yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. 

Prabowo memang menjadi tokoh yang paling banyak dipilih masyarakat jika pemilihan presiden dilakukan pada hari ini.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Elektabilitas calon presiden, data menunjukkan terdapat peningkatan elektabilitas Prabowo Subianto. Pada pertanyaan top of mind, Prabowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh masyarakat sebagai presiden apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini," ujar Rafif di Acara Road To 2024 Elections 'Siapa Menangkap Jokowi Effect' di Jakarta Selatan, Senin, 29 Mei 2023.

Prabowo Subianto saat HUT Partai Gerindra ke-15

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Prabowo Subianto mendapatkan angka 22,8 persen, disusul Ganjar Pranowo 21,2 persen dan Anies Baswedan 13,5 persen. "Adapun nama-nama lain mendapatkan persentase di bawah 10 persen," kata dia.

Kemudian, Prabowo juga unggul tipis dari Ganjar Pranowo atas tiga pertanyaan simulasi calon presiden. "Prabowo unggul dengan 35,8 persen, unggul tipis atas Ganjar 34,4 persen kemudian disusul Anies dengan 21,5 persen," ucap Rafif.

Sebagai informasi Populi Center melakukan metode pengambilan survei ini dilakukan melalui wawancara secara tatap muka atau face to face interview. Wawancara itu dilakukan dari 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun survei ini bersifat penelitian kebijakan dan opini publik yang bersifat non profit. Survei ini dilakukan di 38 provinsi di Indonesia dan juga termasuk pada empat daerah otonomi baru yakni Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya