Mahfud MD Menduga Denny Indrayana Dapat Info soal Sistem Pemilu Tertutup dari Orang MK

Mahfud MD Hadiri RDP Dengan Komisi III DPR Terkait 349 Triliun
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Menkopolhukam Mahfud MD menyoroti dalih mantan Wamenkumham Denny Indrayana yang mengklaim tidak membocorkan rahasia negara terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) ihwal sistem pemilu. Menurut Mahfud, seharusnya informasi kredibel itu disampaikan langsung oleh MK.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

"Ya sudah kalau dia bilang gitu, silakan saja, kan dia bilangnya mendapat info yang kredibel, kredibel itu harus MK," kata Mahfud di Ende, NTT, Kamis, 1 Juni 2023.

Mantan ketua MK ini lalu menyinggung pernyataan Denny yang mengklaim mendapat informasi kredibel. Ia menegaskan, dalam ilmu hukum informasi kredibel dalam konteks yang disampaikan Denny yakni hakim MK atau orang MK.

Edy Rahmayadi Blak-blakan Tak Akan Duet Bareng Ijeck Lagi: Terlalu Tinggi, Kurang Pas

Polisi berjaga-jaga di dekat Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu 26 Juni 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

"Artinya, kalau dalam ilmu hukum itu putusan yang kredibel itu ya putusan MK, hakim MK yang bilang, atau dari dalam yang bilang info kredibel itu; kalau dalam ilmu intelijen, artinya A1 sama dan kredibel itu, yang satu dalam hukum yang satu dalam intelijen," kata Mahfud.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh, BI Pede Pertumbuhan Sepanjang 2024 di 5,5 Persen

Denny Indrayana mengaku mendapat informasi bahwa hakim MK bakal mengabulkan gugatan uji materi UU Pemilu yang membuat sistem pemilu 2024 berubah menjadi proporsional tertutup alias hanya coblos partai. 

"Informasi yang saya dapat, bukan dari lingkungan MK, bukan dari hakim konstitusi, ataupun elemen lain di MK. Ini perlu saya tegaskan, supaya tidak ada langkah mubazir melakukan pemeriksaan di lingkungan MK, padahal informasi yang saya dapat bukan dari pihak-pihak di MK," kata Denny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya