Temui Megawati Bahas Capres di Markas PDIP, Zulhas: Hubungan Kami Erat

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Politik - Petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) dipimpin Ketua Umumnya Zulkifli Hasan atau Zulhas akan menyambangi kantor DPP PDI Perjuangan (PDIP) siang nanti. Zulhas akan sowan menemui Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membahas penjajakan kerja sama politik dan sosok bakal calon presiden (capres) di 2024.

Nama Eko Disebut Masuk Bursa Calon Menteri, PAN: Kita Tunggu Saja

Zulhas membenarkan rencana pertemuan dengan Megawati. Dia bilang pertemuan nanti rencananya akan berlangsung pada pukul 14:30-15:00 WIB.

Dia tak menampik pertemuan itu akan membahas peluang kerja sama antara PAN dengan PDIP untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

Wakil Bupati Malang Daftar Jadi Calon Wali Kota Batu di DPC PDIP

"Secara resmi, ini pertama kali kami (DPP PAN) silaturahmi bertemu Bu Megawati (DPP PDI Perjuangan) untuk melakukan pembicaraan penjajakan kerja sama koalisi Pilpres 2024," kata Zulhas di Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023.

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa
Zulhas Sebut Eko Patrio Bakal Jadi Calon Menteri

Dia menyampaikan, pertemuan ini merupakan silaturahmi lanjutan dengan para petinggi PDIP.

Menurut dia, selama ini dirinya memang sudah sering melakukan pertemuan dengan para petinggi PDIP. Ia bilang demikian karena pertemuan dengan elite PDIP dilakukan intens sejak dirinya didapuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Perdagangan RI selama setahun terakhir.

Zulhas menekankan hubungan PAN dan PDIP sejauh ini erat sejak awal Reformasi.

"Kan, saya diberi amanat Presiden Jokowi menjadi Mendag sejak 15 Juni tahun lalu. Tentu sesama partai koalisi kami sering bertemu. Hubungan kami erat dan panjang sejak awal reformasi," kata Zulhas.

Dalam pertemuan nanti dijadwalkan Megawati akan menyambut langsung Ketum PAN Zulhas dan rombongan. Dua sekjen dari PDIP dan PAN juga akan hadir dalam pertemuan itu.

Pun, sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju juga akan hadir, sepertiĀ  Menkumham Yasona Laoly dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Dalam dinamika politik saat ini, PDIP sudah mendeklarasikan kadernya Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. PPP mengikuti langkah PDIP sudah mendukung Ganjar.

Selain itu, ada parpol non parlemen seperti Hanura dan PSI yang juga deklarasikan Ganjar jadi bakal capres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya