Wali Kota Bogor Sandingkan Gaya Kepemimpinan Ganjar Pranowo dengan Prabu Siliwangi

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (kanan) usai memberi kujang kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) pada acara Sarahsehan Kebangsaan di Puri Begawan, Kota Bogor, Jumat, 2 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Linna Susanti

VIVA Politik – Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Bima Arya Sugiarto, menyandingkan gaya kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Maha Raja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pakuan Pajajaran yang dicintai masyarakatnya.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

Bima Arya dalam sambutan Sarahsehan Kebangsaan di Puri Begawan yang bertemakan kebudayaan, Jumat, 2 Juni 2023, mengatakan ada tiga ciri kepemimpinan Prabu Siliwangi yang tersohor dan membuat warganya tetap mencintai sosoknya, juga dimiliki oleh Ganjar Pranowo.

"Nah, bapak, ibu sekalian, Mas Ganjar, Prabu Siliwangi ini dahsyat luar biasa. Tadi pagi, waktu lari, kawan saya sempat diskusi dengan Mas Ganjar soal Prabu Siliwangi," kata Bima Arya.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Natania Longdong/VIVA

Bima menuturkan, kedatangan Ganjar Pranowo pada tanggal 2 Juni 2023 diapit oleh dua hari penting yakni Hari Lahir Pancasia pada tanggal 1 Juni dan Hari Jadi Bogor ke-541 tanggal 3 Juni sejak zaman Kerajaan Pakuan Pajajaran.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Kedua hari penting itu juga berhubungan dengan sejarah Indonesia karena Bung Karno sebagai pendiri Negara Indonesia mungkin saja menyerap nilai-nilai dari Prabu Siliwangi yang diperas menjadi nilai-nilai Pancasila.

Meskipun di satu sisi, kata Bima, kisah tentang Prabu Siliwangi dianggap sebagai mitos, legenda, bahkan ada yang percaya belum wafat dan ada yang percaya "ngahiang" atau menghilang, semua itu bukti sosok Prabu Siliwangi dicintai rakyatnya.

"Jadi, kalau dicintai mendekati mitos, seperti pencinta Bung Karno, yang mungkin menanggap sampai saat ini Bung Karno bersemedi di suatu tempat, karena saking cintanya kepada Bung Karno, legacy-nya panjang gitu. Mengapa seperti itu? Clean and clear, bapak, ibu, jelas sekali: keamanan, kesejahteraan dan keberagaman itu jaya di masa Prabu Siliwangi," kata Bima.

Bakal capres Ganjar Pranowo menghadiri konsolidasi kader PDIP Jawa Barat

Photo :
  • Istimewa

Kerajaan Pajajaran, ibu kotanya dibangun parit, yang mengelilingi kerajaan yang berfungsi menjaga keamanan dan kesejahteraan untuk warganya. Di samping itu, Prabu Siliwangi pluralis sejati, menghargai keberagaman, mengayomi perbedaan.

"Agama Islam boleh tumbuh dan berkembang di zaman Prabu Siliwangi tadi. Apa hubungannya sama Mas Ganjar? Nanti dulu. Akan nyambung saja di ujungnya nih," katanya.

Bima menyebutkan tiga nilai dari Prabu Siliwangi yang ada pada Ganjar Pranowo ialah yang pertama "pamanggul", yang artinya pemikul yang mengharuskan memiliki stamina yang kuat maupun jiwa raganya.

"Mentalnya harus kuat, staminanya harus kuat. Jadi, kalau kuat lari, setiap kota dikunjungi, kuat apa enggak? Pamanggul apa enggak? Ganjar Pranowo bukan? itu satu," ujarnya.

Kedua, kata Bima, ini juga filosofi kepemimpinan Prabu Siliwangi dan pemimpin Sunda, "jembar hate", ikhlas legawa, hati seluas samudera, tidak "julid", walaupun sebelumnya belum pasti dapat tiket jabatan selanjutnya, belum pasti didukung, tetap bekerja dengan ikhlas tidak mengharapkan apa-apa dan loyal terhadap pimpinan. Itu semua ada di Ganjar Pranowo.

Yang ketiga, filosofi "parigeuing". Parigeuing yang berarti pintar dan piawai berkomunikasi bertutur dengan baik, tidak pernah menyakiti, tutur katanya itu tidak pernah menyinggung, tidak pernah membuat gejolak, tidak pernah kontroversial, hati-hati dan mampu berselancar ke semua elemen, baik di dunia nyata maupun dunia maya, termasuk sosial media, kalau zaman sekarang.

"Jadi kalau dulu di zaman Prabu Siliwangi sudah ada sosmed, kemungkinan besar, Prabu Siliwangi ini punya akun IG untuk berselancar dengan warganya, karena piawai berkomunikasi. Jadi, pemimpin parigeuing, piawai berkomunikasi. Ganjar Pranowo bukan? (iya) terima kasih," kata Bima. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya