SMRC: Ganjar Berpeluang Naikkan Elektabilitas, Prabowo Cenderung Akan Turun

Menhan Prabowo Subianto (tengah) bersama Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.
Menhan Prabowo Subianto (tengah) bersama Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Tim Media Prabowo

VIVA Politik – Nama bakal calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo menjadi figur yang mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam survei yang dikeluarkan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) periode 30-31 Mei 2023.

Menhan Prabowo Teken MoU dengan Universitas Muhammadiyah Malang

Dalam survei tersebut, Ganjar mendapatkan elektabilitas tertinggi yang dipilih oleh responden, dengan memperoleh elektabilitas sebesar 37,9%. 

Elektabilitas Ganjar unggul dari beberapa nama lainnya seperti Prabowo Subianto yang memperoleh 33,5% atau Anies Baswedan yang mendapatkan 19,2%.

PDI-P Yakin Jokowi Tak Akan Berpaling ke Capres Lain

“Dalam survei terakhir di pemilih kritis, 30-31 Mei 2023, Ganjar mendapat dukungan 37,9 %,” begitu hasil survei SMRC dilihat Senin, 5 Juni 2023.

Jebolan Pasukan Elite Kopassus, Andika Dianggap Tepat Jadi Cawapres Ganjar

Masih dalam hasil survei yang diselenggarakan SMRC, popularitas Ganjar pun unggul signifikan dibandingkan Prabowo maupun Anies. 

Menurut survei SMRC, popularitas Ganjar mendapatkan 42,2% dari responden. Untuk Prabowo hanya di angka 32,1% dan Anies di 17,4%.

“Pada kelompok pemilih yang tahu ketiganya, Ganjar mendapat dukungan 42,2%, unggul signifikan atas Prabowo 32,1%, dan Anies 17,4%. Yang belum tahu 8,3%,” begitu kata SMRC.

Dengan hasil tersebut, menurut SMRC Ganjar diperkirakan masih dapat menaikkan elektabilitas jika tingkat kedikenalannya naik.

Sekedar informasi, SMRC melakukan serangkaian survei nasional lewat telepon yang di-update terakhir pada 30-31 Mei 2023.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 80% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening

Untuk margin of error survei diperkirakan ±3.3% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya