Bamsoet: Pemerintah Berantas Kepentingan Politik dalam Penyaluran Bansos Pangan

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendorong pemerintah, melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) agar penyaluran bantuan sosial (bansos) pangan bebas dari kepentingan politik.
 
"Meminta pemerintah, dalam hal ini Bapanas dan Perum Bulog, berkomitmen untuk memberantas adanya kepentingan politik dalam penyaluran bansos pangan, dikarenakan hal tersebut dapat menghambat atau mengganggu hak-hak keluarga penerima manfaat (KPM)," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Bamsoet mengatakan data warga penerima bansos pangan perlu disosialisasikan secara transparan, baik bagi yang sudah disalurkan maupun belum. Selain itu, prosedur dan mekanisme penyalurannya juga perlu dijelaskan kepada masyarakat.

Ilustrasi

Photo :
  • 1413759
Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

"Sehingga tidak ada celah untuk dilakukannya kepentingan politik dalam penyaluran bansos pangan," kata dia.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Terkait penyaluran dan pendistribusian bansos pangan yang telah dilakukan, Bamsoet meminta Bapanas dan Perum Bulog untuk melakukan evaluasi mengenai realisasi di lapangan dan menelusuri apabila terdapat penyaluran bansos yang dijadikan wadah kepentingan politik.

"Agar dapat dilakukan langkah dan solusi terbaik dari permasalahan tersebut, dan memastikan bansos pangan tetap tersalurkan sesuai target penerima," sambung Bamsoet.

Lebih jauh, dia meminta pemerintah serta pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan pengawasan penyaluran bansos pangan di lapangan.

Ilustrasi

Photo :
  • 1258750

"Meminta pemerintah, dalam hal ini Bapanas dan Perum Bulog bersama pemangku kepentingan terkait, untuk meningkatkan pengawasan penyaluran bansos pangan di lapangan agar bansos pangan dapat tersalurkan tepat sasaran sesuai data penerima yang sesuai," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya