Hasil Rakernas Eksternal, PDIP Dorong Masa Jabatan Kades Jadi 9 Tahun

Rakernas PDIP tahun 2023
Sumber :
  • PDIP

Jakarta - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan memasuki hari terakhir dan menghasilkan beberapa rekomendasi. Salah satunya yaitu rekomendasi revisi Undang-undang No.6 tahun 2014 tentang masa jabatan Kepala Desa (Kades) menjadi 9 tahun untuk dua periode.

Reaksi Jokowi soal Fotonya Dicopot dari Sejumlah Kantor PDIP

Menurut Undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang desa, masa jabatan Kades semula 6 tahun selama 3 periode.

"PDI Perjuangan mendorong stabilitas dan kesinambungan pemerintahan desa dengan mengupayakan perubahan masa jabatan Kepala Desa dari enam tahun untuk tiga periode menjadi sembilan tahun untuk dua periode dengan melakukan perubahan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa," kata Ketua DPP PDIP, Puan Maharani di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Juni 2023.

Ganjar Ngaku Siap jadi Oposisi Prabowo, Senior PDIP Bilang Itu Murni Pribadi Bukan Partai

Ketua

Photo :
  • 1461051

Puan juga membeberkan alasan PDIP mendukung masa jabatan Kades menjadi 9 tahun karena untuk menjaga stabilitas pemerintahan desa serta mewujudkan desa kuat bermartabat.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

"Rakernas III Partai mendorong desa sebagai pusat kemajuan untuk mewujudkan desa kuat Indonesia bermartabat. Berkaitan dengan hal tersebut, PDI Perjuangan mendorong stabilitas dan kesinambungan pemerintahan desa," katanya. 

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam rapat kerja nasional atau rakernas hari ke-3, akan ada kejutan yang disampaikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hasto menyebut, Megawati bakal memberikan perintah harian kepada seluruh kader PDIP untuk melaksanakan kerja-kerja politik demi memenangkan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan perintah harian sehingga seluruh elemen partai ini dapat bergerak," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai PDIP, Kamis, 7 Juni 2023.

Lebih lanjut, Hasto menyampaikan, seluruh elemen partai harus bahu-membahu mendukung strategi komunikasi dan narasi politik dari Ganjar untuk memenangi kontestasi elektoral 2024.

Sekjen

Photo :
  • 1485217

Hasto juga mendorong agar tiga pilar partai yakni eksekutif, struktural partai, dan legislatif, untuk bergerak bersama-sama mematuhi perintah Megawati demi menyebarluaskan visi misi Ganjar kepada masyarakat luas.

"Mendorong bagaimana pak Ganjar Pranowo dengan strategi komunikasinya, dengan visi misi, narasi, yang telah dipersiapkan oleh partai, bergerak bersama seluruh elemen partai, dan juga aktivasi dari seluruh 3 pilar partai termasuk caleg yang elemen-elemen mudanya itu begitu banyak," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya