Dudung Didorong Jadi Cawapres, Politikus PKS: Sudah Benar, Tidak Masalah

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Instagram @dudung_abdurachman

Jakarta - Muncul dukungan terhadap Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang dinilai layak jadi bakal cawapres 2024. Salah satu suara disampaikan ulama kharismatik 212, Abah Roudh Bahar yang mendukung Dudung.

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

Menanggapi itu, politikus PKS Ahmad Junaidi Auly menilai dukungan Abah Roud sudah benar. Menurut dia, hal itu bukan pelanggaran karena setiap warga negara Indonesia berhak mencalonkan dan dicalonkan sebagai kandidat wapres.

“Pendapat Abah sudah benar dan tidak masalah (Abah Roudh) dan kita mendukung," kata Junaidi saat dihubungi, Sabtu, 10 Juni 2023.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Menurut dia, Undang-Undang jamin kebebasan setiap warga negara Indonesia dalam menyampaikan pendapat dan berkumpul di muka umum. Asalkan selama pendapat dan perkumpulan itu tak melanggar peraturan perundang-undangan.

"Yang pasti setiap orang berhak mencalonkan dan dicalonkan (termasuk KSAD Dudung sebagai cawapres)," ujar Junaidi.

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

Namun, menurut Junaidi, dukungan terhadap Dudung mesti diikuti adanya sikap partai politik. Dengan demikian, dalam dinamikanya nanti Dudung bisa dipadukan dengan bakal capres seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Kata dia, Dudung harus menyesuaikan dengan aturan yang berlaku jika punya keinginan berkompetisi jadi kandidat cawapres. “Pak Dudung juga harus dapat menyesuaikan dengan aturan," katanya.

Pun, dia menambahkan, agar semua pihak bisa menyambut Pilpres 2024 ini dengan gembira. Menurut dia, pasangan capres-cawapres yang akan berlaga tak boleh saling menjelek-jelekan.

Bagi dia, adu gagasan harus diutamakan. Junaidi mengingatkan agar masing-masing pendukung capres-cawapres bisa mengendepankan etika. Ia menyebut Pilpres 2024 harus jadi pembelajaran kepada masyarakat luas.

“Masing-masing pasangan capres-cawapres dan pendukungnya betul-betul punya komitmen bagaimana menjalankan demokrasi ini secara baik. Pesta itu kan senang dan gembira," ujar Anggota DPR tersebut.

Sebelumnya, ulama kharismatik 212, Abah Roudh Bahar mendukung Jenderal Dudung jadi bakal cawapres. Dia merasa Dudung layak dan punya kapasitas. Selain itu, ia menyebut RI juga perlu pemimpin berlatar belakang TNI.

“Kalau beliau (KSAD Dudung) jadi cawapres menurut Abah sangat bagus karena Indonesia butuh pemimpin dari kalangan TNI,” kata Abah Roudh saat dihubungi, Kamis, 8 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya