Nasdem Sebut Anies Baswedan Tak Akan Deklarasi Cawapres sebelum Naik Haji

Anggota DPR dari Fraksi Nasdem Taufik Basari
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

Jakarta – Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari menyakini Anies Baswedan tidak akan mengumumkan cawapres sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Sebab, katanya, tidak ada urgensinya Anies mengumumkan pada waktu tersebut.

Keistimewaan Makam Baqi dan Ma'la, Tak Pernah Penuh Walau Jenazah Ditimbun Berulang

“Kan berangkatnya Mas Anies tidak terlalu lama lagi, hitungan beberapa hari, artinya bisa iya, bisa tidak. Tapi kemungkinannya kecil, ya, kalau sebelum berangkat haji akan diumumkan ya,” kata Taufik di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 19 Juni 2023.

Karena itu, Tobas meminta seluruh partai anggota koalisi tidak mendesak Anies Baswedan untuk segera mengumumkan cawapres pendampingnya sehingga Anies bisa lebih fokus dalam menjalankan ibadah haji.

Hamil 2 Bulan, Calon Jemaah Haji di Makassar Batal Berangkat ke Mekah

Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi.

“Jadi, tidak perlu didorong-dorong, dipaksakan, harus sebelum berangkat haji, dan dikait-kaitkan bahwa nama tersebut disebut untuk kemudian didoakan di tanah suci. Menurut saya, sudahlah kita pisahkan antara ibadah dan politik,” ujarnya.

PPIH Bakal Badalhajikan Jemaah yang Wafat, Begini Kriterianya

Tobas, panggilan akrabnya, juga mengingatkan kepada seluruh anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk taat dengan komitmen mengenai penetapan cawapres 2024.

“Karena kita sudah menyerahkan sepenuhnya kewenangan untuk menentukan, dan mengumumkan cawapres kepada Mas Anies, tinggal kita nanti tunggu. Ya, kapan Mas Anies merasa bahwa ada momentum yang tepat sesuai dengan dinamika politik yang ada, untuk segera mengumumkan cawapresnya,” kata Tobas.

Beberapa waktu belakangan, Partai Demokrat yang notabene anggota Koalisi Perubahan meminta agar Anies segera megumumkan cawapres. Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, juga mengaku akan menampung keinginan Partai Demokrat yang ingin segera mendeklarasikan cawapres 2024.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Juni 2023.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Bahkan Sudirman memastikan Tim 8 sedang melakukan proses finalisasi terkait waktu pengumuman cawapres pendamping Anies Baswedan. Pada saat ini Tim 8 terus melakukan pendalaman untuk finalisasi baik waktu terbaik pengumuman cawapres maupun deklarasi gabungan, katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya