Gibran Rakabuming Hampir Mustahil Dikalahkan di Pilkada Jateng, Survei Parameter Politik Indonesia

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Nama Wali Kota Solo yang juga putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, berada di puncak elektabilitas tertinggi hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI). Dibanding calon-calon potensial lainnya, jarak elektabilitasnya sangat jauh, sehingga mustahil Gibran dikalahkan.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam pemaparannya menjelaskan popularitas Gibran Rakabuming Raka 77,0 %. Disusul Taj Yasin 48,3 %, Hendrar Prihadi atau Hendi 37,9 %, Dico Ganinduto 30,3 %, lalu Ahmad Husein 24,6 %, FX Hady Rudyatmo 21,2 %, Sudirman Said 20,8 %. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno

Photo :
  • Istimewa
Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Ada nama-nama lainnya seperti KH Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf 19,1 %, Rustriningsih 18,0 %, Joko Suranto 13,8 %, dan Komjen Condro Kirono 12,2 %.

Tingkat kesukaan terhadap Gibran juga sangat tinggi. Yakni 71,6 %. Disusul Dico Ganinduto 68,5 %, Achmad Husein 64,5 %, Gus Yusuf 63,8 %, Taj Yasin 60,8 %, maupun Sudirman Said 59,5 %, serta beberapa nama lainnya.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Lebih lanjut Adi menjelaskan, saat masyarakat ditanya apabila pemilihan Gubernur Jawa Tengah dilakukan saat ini, siapa yang dipilih. Gibran menempati urutan teratas dengan 19,9 %. Sementara yang memilih Taj Yasin 3,0 %, Hendrar Prihadi 1,5 %, Dico Ganinduto 1,2 %. Nama-nama lainnya hanya kisaran 1 persen hingga di bawahnya.

Nama Gibran juga melambung tinggi saat ditanya wali kota atau bupati mana yang dipilih untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah. 

Dari beberapa skenario, Gibran paling tinggi. Jauh mengungguli calon potensi lainnya yang berada di urutan kedua. Pada skenario 11 tokoh siapa yang akan dipilih untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah mendatang, ada 45,0 % yang memilih Gibran Rakabuming. Urutan kedua ada Taj Yasin dengan 5,8 %.

Begitu pun dengan skenario 3 tokoh, yakni Gibran Rakabuming, Taj Yasin dan Hendar Prihadi. Gibran dipilih oleh 52,8 %, Taj Yasin 14,3 %, dan Hendrar Prihadi atau Hendi 6,2 %.

"Dari sisi elektabilitas, tidak bisa dibantah bahwa Gibran Rakabuming Raka sementara ini hampir mustahil untuk dikalahkan. Gibran mampu meninggalkan lawan-lawannya dengan selisih keunggulan hampir 40 % disemua skenario," jelas Adi Prayitno dalam pemaparan melalui virtual, Kamis 22 Juni 2023.

Lanjut Adi, hasil sementara survei ini menunjukkan potensi Gibran untuk maju di Pilkada Jawa Tengah 2024 mendatang. Sangat terbuka peluang Gibran menang, melanjutkan kepemimpinan Ganjar Pranowo.

"Sehingga sayang untuk dilewatkan atau dikorbankan demi menjadi wakil presiden atau Gubernur DKI yang potensi kemenangannya tidak sebesar Gubernur Jawa Tengah," jelas Adi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya