PPI: Dari Segi Popularitas Bakal Cagub Jateng, Gibran Tertinggi

Gibran Rakabuming Raka bersama pengurus DPC PDIP Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Jakarta - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masuk dalam radar survei sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024. Popularitas Gibran tertinggi dibanding dengan nama-nama lain seperti Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen hingga eks Wali Kota Solo FX. Hady Rudyatmo alias FX Rudy.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menjelaskan pihaknya melakukan survei opini publik yang memotret preferensi masyarakat Jawa Tengah. Hal itu khususnya terkait peta kekuatan figur bakal calon Gubernur maupun Wakil Gubernur Jawa Tengah di 2024.

Menurut Adi, survei yang dilakukan pihaknya menggunakan metode multistage random sampling dengan target 800 responden. Survei tersebar di 35 Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan level kepercayaan 95 persen dan margin of error survei sebesar 3,5 persen.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno

Photo :
  • Istimewa

Adi menyampaikan, ada 11 tokoh yang diuji dari segi popularitas untuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada 2024. Dari sisi popularitas, dia menyebut Gibran ada di urutan pertama, di bawah Gibran adaTaj Yasin. Kemudian, Bupati Kendal Dico Ganinduto juga masuk ada di posisi empat.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

“Dari segi popularitas, 11 tokoh yang diuji bahwa tingkat keterkenalan Gibran Rakabuming Raka tertinggi (77.0 persen), disusul Taj Yasin Maimoen (48,3 persen), Hendrar Prihadi (37,9 persen), Dico Ganinduto (30,3 persen) dan Achmad Husein (24,6 persen),” kata Adi saat konferensi pers secara virtual pada Kamis, 23 Juni 2023.

Selanjutnya, popularitas FX Hadi sebesar 21,2 persen; Sudirman Said sebesar 20,8 persen; KH. Yusuf Chudlori sebesar 19,1 persen; Rustriningsih sebesar 18,0 persen; Joko Suranto sebesar 13,8 persen; dan mantan Kabaharkam Polri, Komjen (purn) Condro Kirono sebesar 12,2 persen.

Adi menambahkan elektabilitas Gibran sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah juga tidak jauh berbeda dengan tingkat popularitas yang mendominasi sebesar 45,0 persen. Lagi-lagi, Taj Yasin memepet Gibran pada posisi kedua dengan 5,8 persen. 

Berikutnya, elektabilitas Hendrar Prihadi masih di posisi ketiga dengan 3,6 persen diisusul Dico Ganinduto 3,3 persen. Sedangkan, nama KH Yusuf Chudlori menyalip tingkat elektabilitasnya di posisi kelima dengan 2,9 persen. 

Lalu, Achmad Husein di bawahnya sebesar 1,9 persen; Joko Suranto sebesar 1,9 persen; Sudirman Said sebesar 1,3 persen; Rustriningsih sebesar 0,3 persen; FX Hadi cuma 0,1 persen; Condro Kirono hanya 0,0 persen; tidak jawab atau ragu sebesar 33,9 persen.

Dengan data ini, Adi menyimpulkan bahwa peluang Gibran sementara ini dapat memenangi Pilkada Jawa Tengah sangatlah besar jika dibandingkan dengan di DKI Jakarta. “Sehingga, pilihan terbaik bagi Gibran saat ini adalah maju dalam Pilgub Jawa Tengah,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya